Suguhan Keindahan Alam Ciwidey

Salah satu destinasi wisata indah nan menawan adalah Ciwidey. Ciwidey dikenal dengan perkebunan tehnya, khususnya kebun teh Rancabali yang menawarkan pemandangan hijau luas dan udara segar. Ciwidey memberikan pengalaman wisata yang berkesan dan berbeda, dengan udara yang sejuk dan pemandangan menakjubkan. Tak heran jika Ciwidey menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bandung.

Nama "Ciwidey" menurut penduduk setempat berasal dari bahasa Portugis kuno, dimana "ciwi" berarti kiwi dan "dey" berarti hari. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa Ciwidey berasal dari bahasa Yunani kuno, dimana "ciwow" berarti sapi dan "dos" artinya lima. Jadi, dulunya Ciwidey dianggap sebagai tempat lahirnya sapi berkepala lima.

Sepanjang jalan, Anda akan disuguhi dengan keindahan kebun teh. Selain itu, Ciwidey juga  menawarkan berbagai destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dan budaya lokal, seperti Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Adapun selain menikmati keindahan Ciwidey, Anda juga dapat berjalan-jalan di antara hamparan teh. Anda juga dapat belajar secara langsung tentang proses pengolahan teh sambil menikmati teh segar dari perkebunan. Kebun teh Rancabali yang berada di ketinggian 1.628 MDPL, menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Berlibur ke Ciwidey adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencari pengalaman alam yang menakjubkan dan ketenangan yang menyegarkan. Setiap sudut Ciwidey memiliki daya tarik visual yang memanjakan mata, menjadikannya latar belakang yang sempurna untuk mengabadikan momen berharga yang Anda miliki dalam bentuk foto. 

Berlokasi sekitar 50 kilometer dari Bandung, Ciwidey juga menawarkan beberapa paket wisata bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pabrik teh. Wisatawan dapat memperoleh pengetahuan tentang proses penanaman , pemeliharaan, pemetikan daun, hingga pembuatan teh yang siap diseduh. Tersedia juga paket untuk menjelajahi  kebun teh dengan jarak yang sudah ditentukan, yakni antara 2,3 sampai 4 Kilometer.

Wisata alam dapat menjadi pilihan untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Tak perlu berlibur terlalu jauh, karena Bandung memiliki banyak destinasi indah yang menakjubkan dan memanjakan mata. Perkebunan teh Rancabali terletak di Ciwidey, bagian selatan Kota Bandung, tepatnya di Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa barat. Anda dapat mengunjungi perkebunan teh setiap hari mulai Senin hingga Minggu, dengan jam operasionalnya dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Sayangnya, meski menjadi salah satu objek wisata alam yang populer, fasilitas di perkebunan teh Rancabali terbilang kurang lengkap. Hal ini disebabkan lokasi perkebunan yang berada di pinggir jalan, sehingga lahan parkir bagi wisatawan terbatas. Selain kebun teh, wisatawan juga bisa mengunjungi perkebunan stroberi dan mencicipi kesegaran buah stroberi yang dipetik langsung.

 

Penulis : Shilvia Agustiani

No comments

Post a Comment