Seminar Career Plan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung : Its your Time Charting Seccessful of Career Journey

VOKALOKA.COM, Bandung - Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Its your Time, Charting Successful of Career Journey", yang dihadiri oleh mahasiswa KPI dari berbagai tingkatan, pada Senin  (23/09/2024). 

Digelar di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, seminar ini menghadirkan Elias Erimasa Ginting selaku Junior Manager sekaligus Talent Management Luar Sekolah sebagai narasumber.

Selaku narasumber, Elias menyampaikan bahwa langkah pertama untuk mulai merencanakan karir adalah dengan self awareness atau mengenal diri sendiri. Mengenal dengan baik bagaimana tipe kepribadian serta minat bakat dan passion dalam diri. 

Elias menyampaikan terdapat 4 hal yang bisa dilakukan untuk mengenal diri. Pertama, memiliki pola pikir yang sehat. Kedua, percaya pada kemampuan diri. Ketiga, evaluasi dan terakhir kendalikan emosi.  Elias juga menyampaikan, untuk dapat mengenali tipe kepribadian dapat dibantu dengan melakukan tes MBTI. Hal ini penting dilakukan agar dapat menjalankan karir dengan kondisi yang nyaman. 

"Coba banyangkan Anda bekerja di bidang yang ga sesuai dengan passion Anda selama bertahun tahun, pasti akan terasa membosankan dan tidak nyaman," ujarnya.

Elias sebagai seorang Junior Management, berbagi pengalaman karirnya dari awal hingga mencapai posisi saat ini. Dalam seminar tersebut, dia menekankan pentingnya perencanaan karir dengan tujuan jangka panjang.

"Apakah kita idealis atau realistis dalam mencari pekerjaan, itu adalah pilihan masing-masing. Namun, langkah pertama yang diambil akan menentukan karir ke depannya. Karena itu, berhati-hatilah dan jangan melamar pekerjaan secara sembarangan," pesannya kepada para peserta seminar.

Elias juga menjelaskan bahwa di era teknologi yang semakin maju, kemampuan literasi skills berupa penggunaan media dan penguasaan teknologi sangat di butuhkan. 

"Jika kita tidak memiliki kemampuan tersebut, kita akan mudah tergantikan oleh kecerdasan buatan (AI). Karena itu, penting untuk merencanakan karir dengan baik, menyusun tujuan jangka panjang, dan fokus pada apa yang kita miliki serta kembangkan. Gunakan prinsip 5W 1H (What, Why, When, Where, Who, How) untuk mencapai tujuan tersebut. Pastikan juga target yang dibuat sesuai dengan kemampuan," ungkapnya.

Seminar ini juga membahas mengenai pembuatan CV (Curriculum Vitae) untuk sistem ATS (Applicant Tracking System) dan non-ATS, serta teknik menghadapi wawancara kerja. Dalam sesi ini, Elias mengajarkan peserta bagaimana menyusun CV dengan baik menggunakan platform daring yang mudah diakses. Selain itu, ia memberikan tips mengenai wawancara, khususnya bagi generasi Z, serta menjelaskan strategi terbaik dalam mencari lowongan pekerjaan melalui LinkedIn.

Elias memberikan beberapa tips dalam mencari lowongan pekerjaan, antara lain, menggunakan situs pencarian kerjaa, memanfaatkan media sosial dan mengikuti job fair online. 

Dia juga menekankan pentingnya mempersiapkan diri untuk bersaing, tidak hanya di level nasional tetapi juga global.

Sebagai penutup, seminar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta seminar. 

Reporter : Resvy Sahidah Umaroh




No comments

Post a Comment