Semangat Gobertam Kelurahan Cipadung Kidul Dalam Pelaksanaan Mapag Hujan

VOKALOKA.COM, Bandung - Kelurahan Cipadung Kidul yang terletak di Komplek Bumi Panyileukan F. 12 No. 31, pada hari Kamis (03/10/2024) mengikuti apel pengarahan mapag hujan. Kegiatan ini diikuti oleh setiap Gobertam yang ada di empat kelurahan, yakni Kelurahan Cipadung Kidul, Cipadung Wetan, Cipadung Kulan dan Mekarmulya.

Gobertam atau kepanjangan dari Gorong Gorong, Kebersihan dan Pertamanan, adalah sekelompok petugas dari kelurahan untuk membersihkan sekitar gorong-gorong,  jalan dan taman. Adapun jumlah dari Gobertam Kelurahan Cipadung Kidul ini ada sepuluh orang.

Apel pengarahan mapag hujan ini dilaksanakan karena adanya kekhawatiran dan bentuk antisipasi dari kelurahan agar tidak terjadi bencana di musim hujan. Sebagaimana yang dikhawatirkan oleh warga sekitar dan beranggapan bahwa pada awal bulan Oktober ini akan kerap kali terjadi hujan, sehingga dikhawatirkan akan terjadinya banjir karena daerah Kelurahan Cipadung Kidul ini sangat rawan akan banjir.

"Daerah sini mah emang langganan banjir," ujar Ratna selaku Sekretaris Kelurahan Cipadung kidul. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Gobertam ini mulai membersihkan sekitar gorong-gorong, jalan, dan taman, dimulai dari daerah Sungai Ci Salatri. Kegiatan ini dilakukan dari senin sampai Jumat.

Gobertam ini bukan hanya dilaksanakan oleh satu kelurahan saja, melainkan dilaksanakan secara bergilir dengan tiga kelurahan lainnya.

Reporter: Sri Susanti

No comments

Post a Comment