Puncak Gunung Puntang Pernah Menjadi Lokasi Stasiun Radio Terbesar di Asia Tenggara


VOKALOKA.COM, Bandung - Gunung Puntang terletak di kaki Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, menyimpan sejarah yang kaya dan menarik. Bukan hanya keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga nilai sejarah yang terkandung di dalamnya membuat gunung ini menjadi destinasi yang unik.

Pada masa penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1917-1929, Gunung Puntang memiliki peran yang sangat strategis. Puncak gunung ini menjadi lokasi pembangunan Stasiun Radio Malabar, yang saat itu merupakan stasiun radio terbesar di Asia Tenggara. Stasiun radio ini digunakan untuk berkomunikasi dengan Belanda dan menyebarkan berita ke seluruh penjuru dunia. Teknologi yang digunakan pada saat itu sangat canggih pada masanya.

Ada beberapa wisata yang terdapat di Gunung Puntang, namun yang menjadi daya tarik utama Gunung Puntang adalah sisa-sisa bangunan stasiun radio terbesar di Asia Tenggara. Para pengunjung dapat menjelajahi reruntuhan bangunan bersejarah ini dan membayangkan betapa canggihnya teknologi komunikasi pada zaman itu. Kemudian terdapat Hutan pinus yang luas dan rindang menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. 

Para pengunjung bisa berjalan-jalan santai, piknik, atau bahkan berkemah di sini. Selanjutnya terdapat Puncak Mega, Curug Siliwangi, dan masih banyak yang lainnya.
Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Puntang, yaitu hiking, camping, fotografi, berkemah, Trekking, Susur sungai dan yang lain sebagainya. 

Gunung Puntang adalah destinasi wisata yang cocok bagi seseorang yang menyukai alam dan petualangan. Selain keindahan alamnya, Gunung Puntang juga menawarkan pengalaman sejarah yang menarik. Dengan pengelolaan yang baik, Gunung Puntang berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Bandung.

Reporter: Vionalisania Afifatul Azkia

No comments

Post a Comment