Pesona Hutan Pinus Kawasan Batu Kuda Menjadi Serbuan Para Pendaki


VOKALOKA.COM, Bandung - Batu Kuda adalah salah satu cagar budaya yang terletak di daerah pegunungan Manglayang dengan panorama alam yang  sangat menakjubkan. Batu Kuda dikenal dengan hutan pinus yang rimbun sehingga membuat udara sejuk. Batu Kuda juga terkenal karena adanya keberadaan batu yang berbentuk seperti kepala kuda. Hal ini membuat Wisata Batu Kuda menarik untuk dikunjungi oleh orang banyak. Pesona hutan pinus Batu Kuda ini sangat menarik perhatian para pendaki untuk datang berkunjung, Setiap hari jumat, sabtu dan minggu kawasan ini pasti banyak didatangi baik hanya untuk sekedar berkunjung atau bahkan sampai bermalam disana, Sabtu (05/10/2024). Lokasinya terletak di Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kabupaten bandung, Jawa Barat.

Wisata Batu Kuda dikelilingi dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi, hangatnya sinar matahari yang menembus ruas-ruas dedaunan, hembusan angin yang damai mampu menciptakan suasana yang menenangkan.  Batu Kuda berjarak 18 km dari pusat Kota Bandung yang di tempuh kurang lebih 42 menit jika menggunakan motor. Meskipun jarak tempuhnya cukup jauh, tapi setelah sampai kita dihidangkan dengan suasana yang syahdu. Disana juga disediakan tempat sewa alat-alat kemah, mushola, spot foto yang menarik, kamar mandi, warung yang buka 24 jam dan beberapa pedagang keliling yang ada hanya di hari weekend saja.

Batu Kuda menjadi salah satu jalur pendakian yang bisa dilalui untuk menuju ke puncak gunung Manglayang. Jalur nya bisa didaki dari berbagai arah, tentunya rute yang bisa dilalui aman bagi pemula dan ada juga ada rute menantang bagi para pendaki yang sudah berpengalaman. Sehingga bisa disimpulkan bahwa di Batu Kuda ini bisa menjadi titik kumpul untuk orang-orang yang hendak mendaki gunung atau tempat peristirahatan ketika pendakian telah selesai. 

Meskipun Batu Kuda adalah situs alam, namun fasilitasnya lengkap sehingga bisa menunjang keyamanan ketika berada disana, selain itu kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Karena semestinya setiap orang memiliki tanggung jawab atas kebersihan lingkungan. Wisata Batu Kuda ini cocok untuk menjadi sarana rekreasi bersama dengan keluarga dan teman. Tempat ini sangat menawarkan suasana yang teduh dan tenang, serta kita bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya. 

Reporter : Siti Nabilatul Zahro Salsabila

No comments

Post a Comment