Medina Insan Qur'ani Pasir Biru : Pesantren Unggulan dengan Basis Tahfidz Qur'an

VOKALOKA.COM, Bandung - Pesantren Medina Insan Qur' ani yang terletak di kawasan Pasir Biru , Jl. Babakan Sari No.11, Pasir Biru, Kec. Cibiru, Kota Bandung menjadi sorotan publik setelah berhasil meraih status sebagai pesantren unggulan dengan fokus terhadap Tahfidz Qur'an. Keberhasilan ini dicapai berkat dedikasi dari Asatiz dan komitmen tinggi santri dalam menghafal dan memahami Al-Qur'an.

"Visi kami adalah mencetak para penghafal Al-Qur'an yang memiliki kualitas hafalan mutqin, hafalan Al-Qur'an yang bisa ditasmi'kan sekali duduk beserta pemahaman ayat dan nomor ayat, " ungkap Ustaz Rahmat Baiquni selaku Pimpinan Pesantren.

Pesantren ini memiliki visi untuk mencetak generasi Qur'ani yang tidak hanya menguasai bacaan Al-Qur'an, tetapi juga memahami makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan fasilitas yang memadai dan lingkungan belajar yang kondusif, Medina Insan Qur'ani memberikan pembelajaran yang terpadu antara ilmu agama dan juga ilmu umum.

Ustaz Rahmat Baiquni mengatakan bahwa ia sangat bersyukur atas pencapaian ini. Karena hal ini adalah hasil kerja keras bersama seluruh anggota pondok pesantren, baik dari asatiz ataupun santri. Dia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran tahfidz Qur'an bagi seluruh santri . 

Program tahfidz ini tidak hanya ditujukan untuk menghafal Al-Qur'an saja, tetapi juga menjadi ilmu yang terhubung dengan al-qur'an seperti pembelajaran tafsir, tajwid, nahwu, sharaf serta pengamalan nilai-nilai Qur'ani dalam kehidupan sehari-hari- hari. Setiap santri dibimbing oleh asatiz yang berpengalaman dan berkualitas, sehingga mereka dapat dengan mudah memberikan pemahaman kepada anak dalam memahami dan menghafal Al-Qur'an dengan baik.

Medina Insan Qur'ani ini telah berhasil menghasilkan banyak santri yang hafiz dan hafizah, beberapa di antaranya bahkan telah menyelesaikan hafalan 30 juz dan mutqin dalam waktu kurang dari dua tahun. Hal inilah yang mampu menarik perhatian masyarakat dan semakin tertarik untuk menitipkan anak-anak mereka ke pesantren ini.

Dengan semangat yang tinggi , Pondok Medina ini diharapkan dapat terus menjadi wadah bagi generasi muda untuk lebih mencintai Al-Qur'an dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menjadi teladan baik dalam bermasyarakat. Semoga pesantren ini dapat menginspirasi pesantren-pesantren lain untuk terus berkembang dan berkontribusi dalam menciptakan generasi yang Qur'ani dan juga berakhlakul karimah. 

Reporter : Siti Nabilatul Zahro Salsabila

No comments

Post a Comment