Kelurahan Sukapura Sukses Gelar Donor Darah

VOKALOKA.COM,  Bandung- Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong berhasil menggelar kegiatan donor darah, pada Senin (7/10/2024). Kegiatan yang bekerja sama dengan RSUD Otista Soreang. Jumlah pendaftar untuk kegiatan donor darah ini adalah sebanyak 53 orang, tetapi yang sudah registrasi ulang sampai pukul 10.00 WIB terdapat 40 orang. Warga yang mengikuti kegiatan donor darah ini berasal dari total 10 Rukun Warga (RW), dengan dominasi terbanyak ada di RW 04.

Kegiatan donor darah merupakan salah satu rangkaian hari jadi Kota Bandung. Kegiatan ini sebelumnya pernah diadakan di tahun lalu, tetapi kalau untuk di tahun ini baru dilaksanakan sekali. "Jika dilihat dari antusias masyarakatnya berkembang dan baik, mungkin bisa diagendakan lagi selanjutnya," ujar Aori Mirozzan sebagai ketua pelaksana.

Rentang usia pendonor pun beragam, mulai dari 17 hingga 60 tahun. Namun, bagi yang berusia di atas 60 tahun juga diperbolehkan dengan catatan sudah pernah donor darah sebelumnya sebanyak satu kali. Sebelum melakukan donor darah, seluruh peserta menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh yang fit. Setiap pengambilan darah yaitu sebanyak 350 ml per orang.

Untuk penyerahan donor darah ini akan diserahkan kepada RSUD Otista Soreang langsung. "Nanti untuk apa hasilnya dilakukan, akan diserahkan kepada RSUD Otista sesuai kebutuhan. Karena kita hanya untuk penggalang masa apa yang dibutuhkan masyarakat dan kita memberikan sesuatu yang bermanfaat," pungkas Aori.

Aori juga mengungkapkan bahwa sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat itu seperti feedback dari pembantuan donor darah secara sukarelawan. Selain itu, terdapat bantuan lainnya seperti sembako, yang isinya beras, susu, gula, minyak, mie, dan ada obat penambah darah (sangobion).

Reporter: Vionalisania Afifatul Azkia

No comments

Post a Comment