Kelurahan Sukapura Adakan Pendistribusian ATM Beras

VOKALOKA.COM, Bandung - Kelurahan Sukapura mengadakan pendistribusian ATM beras, pada Selasa (8/10/2024). Sebanyak 100 keluarga di Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kiaracondong, kini merasakan manfaat nyata dari program bantuan sembako yang digulirkan oleh pemerintah. Program yang telah berjalan selama satu tahun penuh ini berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi keluarga yang kurang mampu.

Kegiatan ini merupakan program bagian Dinas Kesehatan dan Sosial (Dikasikesos) yang bekerja di bidang sosial. Untuk pembagiannya, diberikan 10 kg per bulan, tetapi dirapel  dengan bulan-bulan sebelumnya, sehingga dilakukan sekali dalam seminggu. Jadi, dalam satu bulan ada empat kali pembagian beras. Kegiatan ATM beras ini memungkinkan warga penerima manfaat untuk mengambil beras secara berkala, sehingga ketersediaan beras di rumah tangga selalu terjaga.

"Target utama dari program ini adalah keluarga yang kurang mampu, ini bisa dilihat dari kartu keluarga dan penghasilan keluarga mereka per bulan," ungkap Agus Jamiat selaku penanggung jawab kegiatan. Dia mengungkapkan bahwa antusias setiap warga sangat bagus dengan adanya program ATM beras ini, karena dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka.

Dengan adanya program ATM beras, Agus Jamiat berharap dapat meringankan kebutuhan masyarakat. Terpenuhinya kebutuhan pangan dasar akan secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi keluarga dengan pendapatan rendah. Mereka dapat mengalokasikan anggaran yang tadinya digunakan untuk membeli beras ke kebutuhan lain, seperti pendidikan, kesehatan, atau pengembangan usaha kecil.

Agus menambahkan bahwa dengan adanya program ATM  beras ini dapat membantu menjaga stabilitas sosial. Ketika kebutuhan pangan dasar terpenuhi, risiko terjadinya konflik sosial akibat kelaparan atau kekurangan pangan dapat diminimalisir. Dengan sistem ini, Agus juga mengungkapkan bisa memantau langsung penggunaan bantuan dan memastikan bahwa bantuan tepat sasaran. 

Reporter: Vionalisania Afifatul Azkia

No comments

Post a Comment