Kelurahan Mekarmulya Berkolaborasi untuk Bersihkan Citarum Bersama Satgas Citarum Gedebage

VOKALOKA.COM, Bandung - Kelurahan Mekarmulya menggelar kegiatan bersih-bersih Citarum yang diadakan di Kolam Retensi Gedebage dan berlangsung dengan kondusif. Kegiatan Bersih-bersih ini dihadiri oleh Ujang Sudraja selaku Komandan Kolonel Infanteri, pada hari Kamis (10/10/2024).

Ujang Sudraja mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan mengedukasi mereka, khususnya terkait pengelolaan sampah. Di Kota Bandung, masalah sampah ini sudah mencapai tingkat darurat. Di Sari Mukti, kapasitas yang seharusnya 2 juta ton kini sudah overload, mencapai 14 juta ton sampah. Sebelumnya, Satgas Citarum juga sudah mengumpulkan dan membuat biopori untuk keindahan Kota Bandung.

Proses pengolahan sampah dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. Jadi, harapannya masyarakat mulai memilah sampah dari sumbernya, seperti sampah organik, non organik maupun sampah residu. Sehingga, nanti petugas yg akan mengambil sampah itu, dia sudah bisa memilah-milah dengan menggunakan teknologi 'Motah', yaitu mesin pengolah sampah.

"Desa Mekarmulya juga gencar dalam melaksanakan Gobertam atau Bersih-bersih wilayah yang ada di sekitaran kelurahan Mekarmulya, yang diadakan setiap Jumat pagi hingga selesai," ungkap Soleh selaku monitoring lapangan.

Program Bersih-Bersih Citarum di kolam Retensi Gedebage ini menjadi contoh bagi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Dengan memilah sampah juga memudahkan diproses lebih cepat sehingga tetap dapat menjaga keindahan Kota Bandung.

Reporter: Rifki Aufa Fikri

No comments

Post a Comment