Keindahan Tersembunyi Pulau Manuk Suguhkan Wisata Hutan Alam




VOKALOKA.COM, Bandung - Keindahan laut satu ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Banten yang memiliki nama Pulau Manuk. Wisata ini seringkali dijadikan buruan bagi para wisatawan, karena selain menyuguhkan pemandangan yang indah juga terdapat berbagai permainan khususnya untuk anak anak. Selain itu, keunikan dari wisata ini adalah banyaknya jenis binatang, seperti burung dan monyet.

Lebih uniknya lagi, sebelum masuk ke gerbang wisata Pulau Manuk, setiap wisatawan akan disambut oleh beberapa monyet yang berjejer di pinggir jalan seakan mempersilakan kita masuk. Ternyata, monyet-monyet ini tidak hanya ditemukan di luar gerbang wisata, tetapi juga banyak di dalam area wisata.

Monyet liar yang memiliki ekor panjang ini biasanya turun dari atas pohon besar nan menjulang tinggi untuk memungut makanan yang dilempar oleh para pengunjung atau sisa makanan dari mereka. Bahkan tidak jarang, monyet yang disebut sebagai Macaca Fascicularis ini nekat mencuri makanan para pengunjung kala mereka lengah.

Wahana yang ada di wisata ini, selain terdapat tempat berenang di pantainya, di sana juga menyediakan kolam renang untuk anak anak. Terdapat dua kolam renang dengan tinggi yang berbeda beda. Ada kolam renang yang berwarna pink dengan luas yang tidak terlalu besar dan kedalaman yang tidak dalam. Sedangkan di bibir pantainya terdapat satu kolam lagi yang lebih luas dengan kedalaman kurang lebih untuk anak usia kelas 4 – 6 Sekolah Dasar.

Di belakang kolam renang ini juga terdapat ayunan yang dapat digunakan baik untuk anak kecil maupun orang dewasa, dengan posisi menghadap ke laut lepas. Tidak lupa, terdapat beberapa saung yang dapat digunakan untuk makan bagi para pengunjung. Saung ini tepatnya menghadap ke laut yang terdapat karang besar di bagian tengahnya.

Karang besar yang terdapat di tengah laut ini pertama kali disebut Pulo Manuk (dalam Bahasa Sunda, "manuk" berarti burung) karena karang itu selalu disinggahi oleh berbagai jenis burung. Bahkan, karang ini merupakan tempat persinggahan burung dari arah Australia, yang menjadi tempat transitnya mereka. Salah satu burung yang bermigrasi di pulau ini adalah burung Belibis.  Selain itu, terdapat pula burung Bangau Hitam dan Putih yang menjadikan karang atau pulau ini sebagai tempat bersarang.

Dengan demikian, jika berwisata ke Pulau Manuk ini rasanya tidak akan rugi, karena selain dapat berenang di lautan dan menikmati hamparan pasir putih, Anda juga bisa menyaksikan keunikan berbagai hewan liar dan berbagai jenis burung.

Reporter: Sri Susanti

No comments

Post a Comment