Kampung KB Soka 7 Adakan Posyandu, Guna Ketahui Tumbuh Kembang Anak

VOKALOKA.COM, Bandung - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Soka 7 yang terletak di Kecamatan Cipadung Kulon mengadakan posyandu pada Rabu (16/10/2024). Posyandu dimulai jam 08.30- 11.00 WIB dengan sasaran pelayanan untuk anak balita, umur 0-5 tahun. Pelayanan ini rutin dilakukan setiap bulan pada hari Rabu minggu ketiga. 

Jumarsih selaku RW 09 menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan berupa timbang badan dan tinggi badan guna mengetahui tumbuh kembang anak. Adapun pemeriksaan kesehatan langsung dilakukan oleh pegawai puskesmas. Sedangkan tugas yang lainnya seperti pendaftaran, mencatat data dilakukan oleh para kader posyandu soka 7.

Anak yang sudah ditimbang berat badan dan diukur tinggi badannya, akan diberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa roti dan susu. Data tumbuh kembang anak ini akan dijadikan data apakah ada anak yang membutuhkan gizi yang khusus. 

"Jika ada anak yang kurang gizi, maka akan dimasukkan ke data anak yang kurang gizi dan menjadi sasaran yang mendapatkan makanan rutin dari program Dahsyat (Dapur Sehat), " tutur Jumarsih. 

Jika timbangan anak tidak naik atau turun,  ibu dari anak tersebut akan ditanya mengapa berat badannya tidak naik atau tidak bertambah. Pembukaan ruang konsultasi ini sebagai bentuk agar anak tetap sehat. 

Jumlah anak yang datang kurang lebih sebanyak 40 orang dari target 90. Untuk anak-anak yang tidak hadir, biasanya para kader posyandu akan melakukan sweeping atau jemput bola. 

Hal ini disampaikan oleh Mulyani Ketua Posyandu Soka 7. "Kalau anaknya tidak hadir, biasanya dari kita melakukan sweeping, atau jemput bola, ya mendatangi rumahnya langsung dengan membawa timbangan dan alat ukur," jelas Mulyani. 

Reporter : Siti Riyani Novrianti

No comments

Post a Comment