Jawa Barat Punya Pantai Seperti Bali, Kamu Wajib Tahu !

Kabupaten Indramayu terkenal sebagai pesisir utara yang tak kalah menarik dengan wisata yang memiliki unsur sapta pesonanya. Lokasi wisata yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini menghadirkan suasana Pulau Dewata saat wisatawan memasuki area Pantai Tirta Ayu yang terletak di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. 

Pasir lembut senada dengan ombak yang kecil sangat cocok bagi wisatawan untuk berlibur. Apalagi dengan tempat Instagramable, pengunjung bisa menikmati suasana Bali yang dihadirkan di pantai tersebut. Setiap pantai mempunyai keunikannya masing-masing, dan hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut. Seperti halnya Pantai Tirta Ayu yang mengangkat konsep budaya Bali, yang bisa menjadi sarana bagi pemerintah untuk menyukseskan program Bali Baru. 

Untuk lebih jelasnya, berikut keunikan di Pantai Tirta Ayu Indramayu: 

 1. Wisatawan diperkenalkan pada beberapa ornamen Bali, bahkan pintu masuk terdapat gapura khas Bali. 

Tak heran jika masyarakat menilai Pantai Tirta Ayu sebagai duplikat dari Pulau Dewata. Saat memasuki area pantai, pengunjung langsung disuguhi gapura yang tak asing ditemui di Bali. Beberapa spot pada pantai tersebut nyaris dipenuhi oleh ukiran khas Bali, kabar baik bagi yang hobi hunting foto, menjadi daya tarik untuk ber swafoto di wisata ini. 

Berkat hal itu, Pantai Tirta Ayu bangkit dari keterbengkalaian menjadi pantai terunik dan menarik di daerah Jawa Barat. 

2. Arena Bermain Ramah Anak 

Meskipun konsep majang budaya melalui wisata, Pantai Tirta Ayu tidak lupa untuk menyediakan opsi lain bagi anak-anak selain menikmati keindahan pantai, yaitu terdapat arena bermain anak-anak. Mulai dari ayunan, perosotan, dan masih banyak lagi. 

3. Burung Elang Hitam 

Menjadi daya tarik selanjutnya, yaitu terdapat burung elang hitam di dekat area bermain anak-anak. Pengelola sengaja untuk mengedukasi masyarakat akan jenis burung satu ini. 

Rute Menuju Pantai Tirta Ayu 

Tak hanya banyak ornamen khas Pulau Dewata, pantai ini juga dekat dari pusat kota, sekitar 20 kilometer, bahkan tidak sampai 20 menit perjalanan dengan aksesibilitas dapat dilalui oleh semua kendaraan. 

Harga Tiket Masuk 

Jangan khawatir soal harga tiket masuk ke pantai Tirta Ayu, yang tentunya ramah di kantong dengan disesuaikan pada jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 10.000, sedangkan kendaraan roda empat atau lebih dikenakan tarif Rp. 25.000. 
Untuk datang ke Pantai Tirta Ayu ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebanyak Rp 5000 untuk tiket masuk dan Rp 2000 untuk parkir. Pantai ini buka setiap hari, dimulai pukul 07.00 WIB hingga 17.30 WIB. 

Reporter: Umar Biliqoillah


No comments

Post a Comment