Jalan Ciwaru Ambles: Perbaikan Jalan Belum Selesai, Warga Hadapi Kesulitan Akses

VOKALOKA.COM, Bandung - Kejadian jalan ambles terjadi di Desa Cimekar, jalan di kawasan Jembatan Ciwaru ambles sudah terjadi selama 3 bulan yang merupakan penghubung antara Desa Cinunuk dan Cimekar. Perbaikan jalan ini mulai dilakukan pada Senin (16/9/2024), tetapi sampai saat ini belum selesai. Kejadian perbaikan jalan yang ambles nyaris setengah badan jalan ini mengancam Jembatan Sungai Ciwaru dan menghambat aktivitas warga.

Menurut warga sekitar, jalan Ciwaru yang amblas di perbatasan dengan Desa Cinunuk ini, tepatnya di Kampung Babakan Cikeruh RT 02 RW 14, Desa Cimekar, yang berdampingan dengan RT 04 RW 19. Karena amblesnya jalan ini, sementara warga hanya bisa memberikan pembatas dari kayu bambu untuk alternatif sebelum adanya perbaikan.

Amblesnya jalan diakibatkan karena adanya curah hujan yang deras sehingga mengakibatkan jalan terkikis oleh air hujan. Jalan Ciwaru yang terkena amblas ini terbilang viral karena masih bisa dilalui mobil dan motor, selain itu juga jalan Ciwaru bisa menjadi akses alternatif apabila bunderan Cibiru sampai Cileunyi mengalami kemacetan.

Riris salah satu warga Ciwaru mengatakan "Saat ini jalan yang ambles sudah mendapatkan penanganan dan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung." Kondisi jalan yang ambles mengancam jembatan Sungai Ciwaru menyebabkan bahaya bagi pengguna jalan. Lubang yang dalam dan permukaan jalan yang tidak rata dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, terutama pada malam hari atau saat cuaca buruk.

Seluruh pihak yang terlibat akan berkomitmen untuk menjaga aksesibilitas jalan ini dan merencanakan langkah langkah perbaikan yang efektif. Sehingga kejadian yang serupa tidak terulang kembali.

Reporter : Suci Resti Fauziah

No comments

Post a Comment