Adakan Posbindu, Kelurahan Cipadung Wetan Antisipasi Penyakit Tidak Menular (PTM)

VOKALOKA.COM, Bandung – Kelurahan Cipadung Wetan adakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) pada Senin (14/10/24). Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pos Pembinaan Terpadu ini dilaksanakan di rumah Dewi, selaku Ketua RW 03 yang bertepatan di jalan Pangaritan, Cipadung Wetan. Kegiatan ini sengaja diadakan di sana karena banyaknya ibu-ibu dan bapak-bapak yang tidak dapat menghadiri kegiatan ini jika dilaksanakan terlalu jauh dari tempat tinggal mereka.

"Iya betul, kalau kita bikin kegiatan ini di kelurahan kan jauh, ya, ibu-ibu teh kasian jauh jalannya kesana," ujar Dewi.

Kegiatan diawali dengan pendaftaran yang telah disediakan oleh ibu-ibu bagian administrasi Posbindu untuk mendata riwayat penyakit sebelum pemeriksaan. Kemudian, dokter yang sudah siap untuk memeriksa pasien, melakukan pengecekan baik dari tensi, cek gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Kegiatan ini juga didampingi langsung oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Cipadung Wetan, yaitu Angga. Angga menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan satu bulan sekali di seluruh rukun warga sekitar Kelurahan Cipadung Wetan.

"Ini harusnya tidak hanya ibu-ibu yang disini dapet capek kerjanya aja. Namun, kegiatan ini juga harus terlihat. Maka dari itu, mumpung ada teman-teman mahasiswa nanti bisa bantu sebarluaskan dan mengajarkan ibu-ibu dalam penggunaan sosial medianya," tutur Angga.

Angga berharap kegiatan ini terus berlanjut untuk kepentingan masyarakat Kelurahan Cipadung Wetan. Dia mengungkapkan bahwa kesehatan dan kesejahteraan harus terus diutamakan, sebagaimana kata pepatah, "mencegah lebih baik daripada mengobati". Maka,  diharapkan seluruh masyarakat mampu menjaga diri dari hal-hal yang dapat mengakibatkan sakit namun tidak terlihat, dengan mengurangi makanan dan minuman yang terlalu manis ataupun berlemak.

Reporter : Rizki Herdiansyah

No comments

Post a Comment