Prodi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung Gelar Seminar Nasional, Bantu Siapkan Rencana Karier Mahasiswa

VOKALOKA.COM, Bandung - Kegiatan seminar nasional dengan tema "It's Your Time Charting Successful of Career Journey" sukses diselenggarakan oleh Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Senin (23/09/2024). Acara yang digelar di Gedung Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini dihadiri oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa semester akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa, guna menggali ilmu dan pengalaman untuk  mempersiapkan karir.

Acara yang berlangsung pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB ini dibuka oleh Dr. H. Asep Sodikin, M.Ag. selaku wakil dekan 3 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Disambung dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr.H Nase,MM selaku ketua jurusan KPI, dan dipandu langsung oleh Dr. Uwes Fatoni, M.Ag., selaku sekretaris jurusan KPI.

Narasumber seminar ini adalah Elias Erimas Ginting, Junior Manager Talent Management Luar Sekolah. Elias  memberikan materi dari pentingnya mengenal diri sendiri atau self awareness untuk menentukan minat dan potensi di bidang pekerjaan yang ingin digeluti. Soft skills yang dibutuhkan seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, manajemen waktu dan problem solving yang menjadi kunci sukses dalam berkarier.

"Pentingnya perencanaan karier agar kita bisa menikmati karier kita, coba bayangkan anda bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan passion anda selama 30 tahun lebih, pasti akan terasa membosankan dan tidak nyaman," ujar Elias. 

Selain itu, Elias juga menekankan pentingnya mempersiapkan hard skills yang sesuai dengan bidang yang ingin digeluti, sebagai contoh  seperti kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis jika ingin bekerja di bidang data analis. Kemudian dia mengajak para peserta seminar untuk membuat perencanaan karier yang matang, mulai dari menentukan waktu untuk mencapai  tujuan jangka pendek hingga jangka panjang serta menyusun strategi untuk mencapainya.

Sebagai penutup, Elias memberikan tips dan trik dalam membuat CV yang menarik  serta langkah langkah efektif dalam mencari pekerjaan. Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan para peserta seminar.

 

Reporter : Sekar Arum Suhansa 5/D

No comments

Post a Comment