Peringati Hari Jadi Kota Bandung ke 214, Karang Taruna Cipadung Kulon Gelar Perayaan

VOKALOKA, Bandung - Karang Taruna Cipadung Kulon menggelar perayaan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke 214 yang jatuh pada 25 September 2024. Digelar di Lapangan SOR Panghegar, RW. 08, Kelurahan Cipadung Kulon, pada Sabtu (28/09/2024).
 
Bertemakan Bandung Kreativitas Aksi, perayaan hari jadi Kota Bandung ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat, terlebih anak muda untuk bisa mengembangkan potensi dan menciptakan kreativitas yang terdapat di kewilayahan. Sebagaimana yang diungkapkan Ervina Rizkyagia selaku Ketua Karang Taruna Cipadung Kulon.
 
"Maka dari itu saya punya gagasan, hayu kita sama sama untuk mengharumkan nama wilayah, kan ini rumah kita bareng bareng, kita kembangkan potensi demi kemajuan kewilayahan".
 
Kegiatan ini dimulai dengan senam bersama pada pukul 06.00 WIB, dilanjut dengan karnaval kesenian benjang dan galang dana mengelilingi Daerah Kelurahan Cipadung Kulon. Perayaan kembali dimulai pukul 15.30 WIB dengan berbagai penampilan dari masyarakat, mulai dari kesenian seperti lengser dan tari jaipong, pertunjukan musik baik solo maupun grup hingga atraksi ular dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Cipadung Kulon.
 
"Kita kan ada 11 RW nih, kita menggali potensi yang ada di kewilayahan untuk tampil di acara ini, total ada 15 penampilan. Termasuk kita juga collab sama LKK (Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan) lainnya, kaya LPM (Lembaga Pengembangan Masyarakat) dan PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), dan beberapa penampilan dari anak karang taruna", papar Ervina, Ketua Karang Taruna Cipadung Kulon.
 
Selain penampilan, terdapat juga sosialisasi dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan Cipadung Kulon terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bandung yang akan digelar pada Bulan November 2024.

Setelah penampilan, acara dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua Karang Taruna, aparatur Desa Kelurahan Cipadung Kulon dan pihak pengelola Jaya Mandiri Group selaku sponsor utama kegiatan ini. Dalam sambutannya, Muhammad Kurnia Fawzi mewakili Kepala Kelurahan Cipadung Kulon sangat mengapresiasi perayaan hari jadi Kota Bandung ke 214 yang melibatkan potensi dan UMKM masyarakat, Fawzi berharap semoga kegiatan seperti ini akan terus digelar tiap tahunnya.
 
"Tentunya kami dari pihak kelurahan sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, ini sangat luar biasa banyak warga Cipadung Kulon hadir disini. Apalagi melibatkan unsur  warga, dari sisi seni dan UMKM nya, semoga kegiatan seperti ini terus berjalan",  ungkapnya.
 
Acara ditutup oleh pertunjukan band music hingga pukul 23.50 WIB, dimana Karang Taruna Cipadung Kulon menghadirkan band lokal Suara Sendu sebagai guest star pada malam puncak perayaan Hari Jadi Kota Bandung ke 214 ini.
 
Ketua karang taruna Cipadung Kulon Ervina Rizkyagia berharap, untuk bisa menyelenggarakan kembali event besar lainnya. Ia juga berharap agar kedepannya para pemuda Cipadung Kulon bisa lebih berkomitmen dan konsisten untuk menyumbangkan potensi mereka di kelurahan.
 
Sebagai penutup, di Hari Jadi Kota Bandung yang ke 214, Ervina menyampaikan harapannya agar Kota Bandung bisa menjadi lebih nyaman, aman dan tentram. Ia juga berharap agar lebih banyak lagi program kolaborasi  antara kewilayahan dengan anak muda, agar anak muda bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk bertumbuh dan menggali potensi mereka.
 
"Banyak program yang harus dilaksanakan oleh karang taruna itu sendiri yang mana butuh dukungan dan sokongan dari aparatur kewilayahan. Kita tidak bisa berdiri sendiri tanpa mereka mendukung program kami", ungkapnya.

 
Reporter : Sri Wulandari 

No comments

Post a Comment