Hindari Golput, Desa Cimekar Adakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024

VOKALOKA.COM, Bandung - Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat menjelang pemilihan Gubernur Jawa Barat 2024 Desa Cimekar selenggarakan sosialisasi di balai desa pada hari Jum'at (13/9/24). Adapun isi dari sosialisasi tersebut adalah pendidikan bagi pemilih dalam rangka memilih pemimpin dengan bijak.

Ening Ruhyanda, selaku salah satu narasumber utama menjelaskan bahwa sosialisasi ini dirancang untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pemilih yang aktif serta memahami hak dan kewajiban mereka dalam proses demokrasi.

"Sangat penting diadakannya sosialisasi ini karena masih banyak masyarakat yang tidak peduli dan banyak yang kurang paham tentang proses pemilihan. Dengan pengetahuan yang lebih baik, diharapkan mereka dapat membuat pilihan yang bijak," ujar Ening. 

Pada perkumpulan tersebut beberapa warga yang mengungkapkan kebingungan mengenai tata cara pemungutan suara dan informasi tentang calon gubernur. Kegiatan ini tidak hanya memberi informasi, tetapi juga kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber agar lebih memahami tata cara atau proses dalam pilkada kelak.

Hasil dari sosialisasi menunjukkan adanya peningkatan kesadaran di kalangan warga. Sosialisasi ini sudah pernah di lakukan sebelumnya dan peningkatan pemahaman masyarakat mengenai hak pilih nya lebih baik. Harapannya, dengan pengetahuan yang lebih baik dan kesadaran yang meningkat, angka golput di Desa Cimekar dapat ditekan, serta partisipasi pemilih dalam pemilu mendatang dapat meningkat.

"Setelah diadakannya Sosialisasi saya menjadi paham bagaimana alur pelaksanaan pilkada pada tahun 2024," ujar Gia.

Melihat kegiatan sosialisasi dan  antusiasme warga Desa Cimekar dalam pendidikan Pemilihan Gubernur Jawa Barat merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa suara masyarakat terdengar dan berkontribusi pada masa depan Jawa Barat yang lebih baik.

Reporter: Tania Trihana


No comments

Post a Comment