Hadiri Seminar Career Plan, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung Makin Paham Cara Tentukan Arah Karier di Masa Depan

VOKALOKA.COM, Bandung - Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar seminar nasional Career Plan : It's Your Time, Charting Successful of Career Journey bagi mahasiswa KPI pada Senin, (23/09/2024).

Digelar di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, seminar yang diisi oleh Elias Erimasa Ginting selaku Junior Manager sekaligus Talent Management Luar Sekolah ini diakui mahasiswa memberikan banyak ilmu dan juga wawasan.

Syifa Nur Falah (19) mengaku sangat terbantu dengan adanya seminar career plan ini, dia semakin paham bagaimana cara memetakan karier masa depan yang akan digeluti, yaitu dengan self awareness atau mengenal diri sendiri. Menurutnya, mengenal tipe kepribadian dan mengenal minat, bakat serta passion dalam diri adalah hal yang penting sebelum berkarier.

"Penting untuk mengenali diri sendiri, mengenali passion kita sebelum mencari karir, sebelum melamar kerja. Seperti pelajaran yang dapet aku tangkep, kalo pekerjaan pertama kita akan berpengaruh pada pekerjaan selanjutnya, jadi apakah sanggup kita bekerja, misalnya passion nya di public speaking tapi malah bekerja di bagian mengelola data, apakah sanggup kita melakukan itu selama bertahun tahun padahal itu bukan passion kita," kata Syifa.

Ilmu lain yang didapat syifa, ia belajar mengenai individual career planning dengan metode SMART, yang menurutnya sangat membantu dalam memetakan karier. Selain itu, syifa juga mengungkapkan bahwa ia semakin mengetahui skills apa saja yang perlu dipersiapkan untuk terjun dalam dunia kerja.
 
"Aku jadi tau gimana caranya merencanakan karier, dikasih tau metode SMART, yang spesifik, measurable, achievable sama relevan dan time bound. Terus kita lebih tau skills apa aja yang dibutuhkan, ada tiga, soft skills, hard skills sama esensial skills," ujar syifa.

"Setelah ikut seminar ini, jadi lebih semangat lagi buat memperbaiki portofolio, dan lebih tau gimana harus prepare buat nanti kerja," lanjutnya.
 
Mahasiswa lain, Gina Nabilah (23), juga mengungkapkan bahwa seminar career plan yang diikutinya memberikan wawasan pengalaman yang sangat berkesan dan bermanfaat, membantunya memahami lebih dalam tentang pilihan karier yang akan dituju di masa depan.

"Materi yang disampaikan sangat relevan sehingga memberikan saya wawasan yang jelas dan panduan yang konkret dalam menentukan arah karir," tuturnya.
 
Melalui seminar tersebut, Gina belajar bahwa berusaha keras adalah hal penting dalam mencapai karier yang diinginkan.

"Dari seminar tadi, saya punya point penting mengenai cara paling tepat dalam mencapai karier yang saya inginkan, yaitu berusaha sampai berdarah darah,"  ujarnya.


Reporter : Sri Wulandari 5/D

No comments

Post a Comment