Ragam Kuliner Khas Balongan Indramayu, Burbacek hingga Blengep Cotot

Vokaloka.com, Indramayu - soal kuliner nusantara seolah tiada habisnya. Setiap daerah selalu punya makanan khas yang patut dicoba jika Anda sedang berkunjung ke sana. Begitu pula dengan wilayah Balongan, Indramayu.

Selain tempat wisatanya, wilayah yang masuk dalam Provinsi Jawa Barat ini juga memiliki berbagai kudapan khas yang cita rasanya mampu memanjakan lidah. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut ulasan kuliner yang dapat Anda cicipi ketika berkunjung ke Balongan:

1. Rumbah

Hampir mirip dengan gado-gado atau pecel, Rumbah merupakan kuliner yang bahan dasarnya menggunakan beberapa jenis sayuran yang dikukus atau direbus lebih dulu sebelum disiram dengan bumbu kacang. Sayuran yang digunakan biasanya kangkung, kacang panjang, tauge, kol, dan lain sebagainya.

Perbedaan Rumbah dengan gado-gado yang sangat signifikan dan membuat kuliner ini begitu khas adalah kehadiran sambal asam dan tambahan air petis yang dibuat dari hasil olahan air sisa ikan laut yang dimasak, lalu ditambah gula merah. Anda akan merasakan sensasi pedas dan adam saat menikmati Rumbah.

Kuliner ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan dan makan siang. Sajian gorengan berupa tempe, tahu, kerupuk, atau ikan bandeng dijadikan pelengkap masakan. Namun, tanpa pelengkap apa-apapun, Rumbah sudah nikmat dimakan.

2. Burbacek

Burbacek merupakan singkatan dari bubur, rumbah, dan cecek. Artinya, kuliner khas Indramayu ini terdiri atas 3 jenis makanan, yakni bubur yang ditambah dengan rumbah dan cecek, atau kikil sapi yang diolah dengan parutan kelapa dan bumbu cabai merah.

Rasa yang ditawarkan masakan satu ini dijamin akan membuat Anda ketagihan. Rasa pedas dan asam dari rumbah, lalu berpadu dengan gurih dan pedasnya cecek membuat Burbacek kaya akan rasa. Makanan ini paling cocok disantap saat siang hari.

3. Blengep Cotot

Blengep Cotot yang merupakan kudapan khas Indramayu ini berbahan utama singkong, kelapa dan gula merah. Meski hanya menggunakan 3 macam bahan, memasak Blengep Cotot butuh waktu cukup lama.

Singkong yang sudah bersih direbus selama 15 menit. Untuk membuat isi blengep cotot menggunakan parutan kelapa yang disangrai kemudian ditumbuk bersamaan dengan gula merah.

Mengutip laman tempatwisataindonesia.id, bumbu luar Blengep Cotot menggunakan kelapa diiris kecil dan memanjang lalu digoreng hingga matang dan ditambahkan sedikit bawang goreng. Jika singkong yang direbus sudah lunak lalu ditumbuk hingga halus.

Setelah halus kemudian masukkan isian yang sudah dibikin dan taburi dengan potongan kelapa yang digoreng bersama bawang goreng. Jika malas membuatnya sendiri di rumah, Blengep Cotot mudah ditemui di warung-warung makanan ringan maupun pasar di wilayah Indramayu.

Syafira Wulan Diar
Mahasiswa KPI UIN Bandung 

No comments

Post a Comment