"Masjid At Thohir, Keindahan Putih Nan Suci di Tengah Kota Depok"

VOKALOKA.COM, Bandung - Tepat di tengah-tengah komplek Podomoro Golf View, Kota Depok, menjulanglah keagungan Masjid At Thohir. Dibalut dengan keindahan warna putih yang menyeluruh, masjid ini tidak hanya menjadi pusat ibadah, tetapi juga sebuah karya seni arsitektur yang memikat.

Masjid megah ini, dikenal sebagai wakaf anak kepada orang tua dari keluarga besar Pak Erick Thohir, sejak awal pembangunannya pada tahun 2018. Keistimewaan Masjid At Thohir bukan hanya terletak pada kemegahannya, tetapi juga pada makna bakti dan ketaatan keluarga Thohir terhadap agama dan orang tua.

Humas Masjid At Thohir, Tajudin, yang diwawancarai pada hari minggu(3/12/2023). Menceritakan  perjalanan panjang pembangunan masjid ini, yang mencapai puncaknya pada peresmian oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Maret 2022. "Ini adalah bakti anak kepada orang tua, terutama kepada almarhum H. Mohammad Teddy Thohir, ayah dari Pak Erick Thohir. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain," paparnya dengan bangga.

Masjid At Thohir menawarkan pengalaman unik bagi para jamaahnya. Dengan luas bangunan mencapai 7.000 meter persegi dan lahan seluas 2,8 hektar, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga ruang spiritual yang indah. Di bagian depan, terdapat taman dan teater kecil yang memberikan nuansa hangat. Sedangkan di seberang bangunan, sedang dibangun taman yang akan menjadi bagian integral dari keindahan Masjid At Thohir.

Keistimewaan arsitektur masjid ini tidak hanya berasal dari kebesarannya, tetapi juga dari sentuhan Timur Tengah yang menciptakan permainan cahaya LED pada malam hari. Cahaya gemerlap ini, mulai dari Maghrib hingga pukul 22.00 WIB, memberikan daya tarik visual yang luar biasa. Bahkan, akhir pekan menjadi lebih istimewa dengan adanya video mapping yang mempesona.

Tidak hanya itu, bahan-bahan megah untuk membangun masjid ini tidak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga dari Swedia dan Singapura. Lampu megah di ruang utama solat, sebagai contoh, didatangkan langsung dari Singapura atas pesanan khusus untuk Masjid At Thohir.

Ketua Takmir Masjid At Thohir, Abdul Aziz Al Hafizh, menjelaskan bahwa setiap bagian bangunan memiliki makna tersendiri yang mencerminkan keluarga besar Menteri BUMN Erick Thohir. Kubah utama yang besar melambangkan seorang ayah sebagai pemimpin keluarga, sementara tiga kubah ukuran sedang mewakili anak-anak, dan kubah-kubah kecil di sekitarnya sebagai cucu dan cicit.

Keputihan yang mencakup bangunan dan sekitarnya juga memiliki makna mendalam sebagai simbol suci dan kebersihan. Empat menara setinggi 45 meter merupakan simbol arah mata angin, menegaskan bahwa Syiar Islam dapat dilihat dan dirasakan dari segala penjuru.

Namun, keistimewaan Masjid At Thohir tidak berhenti di sini. Pada dinding depan tempat imam sholat, disematkan 99 Asmaul Husna atau nama-nama baik Allah. Menurut Abdul Aziz Al Hafizh, hal ini bermakna untuk menginspirasi manusia agar meniru sifat-sifat luhur dari nama-nama Allah.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, Masjid At Thohir bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga merupakan destinasi spiritual yang memikat dan memperkaya pengalaman keagamaan. Keanggunan putihnya yang bersinar dalam cahaya malam dan makna yang tersemat dalam setiap detail arsitekturnya menjadikan Masjid At Thohir sebagai tempat yang patut dikunjungi dan diapresiasi oleh masyarakat Kota Depok.

Reporter : Muhammad Farid 


No comments

Post a Comment