Kecamatan Baleendah Lakukan Sosialisasi Program Strategis dan PSPKB di Kelurahan

VOKALOKA.COM, Bandung- Sosialisasi program pemerintah merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa masyarakat dapat memahami dan juga mendukungh terkait inisiatif dari pemerintah. Sosialisasi program pemerintah menjadi proses dalam hal demokrasi yang mana berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat. 

Sosialisasi program pemerintah bukan hanya tentang menyampaikan informasi kepada masyarakat saja, tetapi juga tentang melibatkan masyarakat dan juga mendapatkan dukungan dari mereka. Kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh kecamatan Balweendah dilangsungkan di beberapa kelurahan. 

Bukan hanya kelurahan Baleendah saja, terdapat kelurahan Manggahan, kelurahan Jelengkong, dan kelurahan Wargamekar. Kegiatan ini di mulai dari pagi, di hadiri oleh masing-masing lurah, ketua RT, RW, MUI, LPM, tokoh lain hingga kabag tapem setda Kabupaten Baleendah (11/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut banyak warga yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan sosialisasi kali ini terkait rancangan program dari pemerintah dan juga program PSPKB.

Program PSPKB sendiri merupakan program pemberdayaan dan perlindungan sosial keluarga berencana. Dari program ini memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait masalah sosial dalam keluarga hingga tinjauan perkara program keluarga berencana yang benar, Ujar Usep selaku staff Kelurahan Baleendah.

Sosialisasi tentang program PSPKB merupakan upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi, dan pengendalian pertumbuhan penduduk. Program ini meliputi kegiatan lokakarya, penyuluhan, kampanye.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang isu-isu kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga. Target kalangan dari program pemerintah ini ialah untuk mencapai berbagai kelompok masyarakat, mulai dari pemuda hingga pasangan menikah yang inginmerencanakan keluarga mereka.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan membawa manfaat positif dalam mengendalikan pertumbuhan pendudukl, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi permasalahan kesehatan yang terkait dengan kehamilan yang tidak diinginkan. Selain itu, diharapkan kepada orang tua dapat mengedukasikan kepada anak remaja mereka agar tidak terlibat pergaulan bebas yang merujuk pada kehamilan diluar pernikahan.

Sofa Nur Amal Nabila

No comments

Post a Comment