Guna Meningkatkan Kesadaran Kesehatan Warga Jatihandap Giat Ikuti Posyandu

VOKALOKA.COM, BANDUNG - Warga Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, mengikuti kegiatan Posyandu yang diadakan oleh ibu-ibu kader PKK RW 07. Kegiatan tersebut bertempat di Kantor Balai RW 07. Acara ini merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat, khususnya pada balita dan lansia. (02/12/2023)

Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah penimbangan berat badan balita dan pengukuran tinggi badan. Hal ini sejalan dengan upaya pencegahan stunting dan pemantauan pertumbuhan anak-anak di usia dini.

Selain itu, para ibu-ibu kader PKK juga aktif membantu petugas kesehatan dalam pengecekan gula darah dan kolesterol bagi lansia. Pengecekan ini bertujuan untuk mendeteksi dini resiko penyakit dan memberikan perhatian lebih pada usia rentan.

Ketua RW 07, Bapak Ali Nurjabar turut hadir dalam kegiatan dan menyampaikan, "Kami berkomitmen untuk terus mendukung segala kegiatan positif, salah satunya kegiatan ini yang diadakan oleh Ibu-ibu kader PKK dengan memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses bagi seluruh warga. Kegiatan Posyandu ini adalah wujud dari kerjasama antara ibu-ibu kader PKK RW 07 dengan masyarakat sekitar untuk menjaga kesehatan bersama."

Antusiasme warga terlihat dari partisipasi aktif dalam kegiatan ini. Warga tidak hanya mendukung acara ini, tetapi juga menyadari pentingnya upaya preventif untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan pribadi dan keluarga.

Kegiatan Posyandu ini juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga di lingkungan RW 07. Momen seperti ini memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas dalam membangun lingkungan yang sehat. Dalam suasana tersebut, ibu-ibu kader PKK berperan sebagai penyambung informasi kesehatan dan memberikan edukasi kepada warga sekitar.

Salah satu pihak panitia juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam menjaga kesehatan. "Kami ingin menciptakan lingkungan yang proaktif dalam hal kesehatan. Melalui kegiatan Posyandu, kami berharap masyarakat dapat lebih aktif dalam melakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan menerapkan gaya hidup sehat."

Kesuksesan kegiatan Posyandu ini semoga menjadi inspirasi bagi wilayah sekitar untuk melaksanakan kegiatan serupa. Dengan berbagai kegiatan yang menjangkau berbagai kelompok usia, diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat, produktif, dan berkualitas. 

Peran aktif ibu-ibu kader PKK menjadi kunci keberhasilan kegiatan ini dan menjadi contoh positif bagi peran perempuan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat.

Reporter : Muhammad Usamah Al Faruqi

No comments

Post a Comment