Desa Cibiru Hilir Adakan Skrining Merokok Anak Anak Usia 10 - 18 Tahun

VOKALOKA.COM, Bandung - Puskesmas Cibiru Hilir melakukan skrining merokok pada anak usia sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara terpadu antara program promkes dan upaya berhenti merokok ( UBM).

Skrining dilakukan untuk mendapatkan data awal perilaku merokok di lingkungan sekolah, dan perilaku merokok warga sekolah, baik siswa, guru dan orang – orang yang terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan ini dilakukan  sebagai langkah awal untuk usaha berhenti merokok.

Kegiatan diawali dengan edukasi bahaya merokok, dan tutorial penggunaan smokeanalyzer untuk mengukur kadar co dalam paru-paru.

Siswa  yang dilakukan pemeriksaan kadar co adalah siswa kelas VIII dan kelas IX dengan usia minimal 10 tahun., dan usia maksimal 18 tahun.

Kendala yang dihadapi dalam skrining ini, siswa susah dalam mengatur nafas, sehingga mempengaruhi hasil ataupun hasil tidak keluar, serta terbatasnya  steribreath mouthpiece yang ada di puskesmas

Hasil skrining akan dilaporkan kepada pihak sekolah sebagai bentuk feedback dari Puskesmas Cibiru Hilir dan akan evaluasi , serta koordinasi dengan pihak sekolah sebagai langkah awal pencegahan dampak buruk rokok.

Rizki Achmad Nugraha - KPI 5D

No comments

Post a Comment