Cegah Stanting, Posyandu Kelurahan Jamika adakan Monitoring dan Pemberian Vitamin A

VOKALOKA.COM, Bandung - Posyandu Kelurahan Jamika, Bandung adakan monitoring dan pemberian vitamin A dalam rangka cegah stunting yang bertempat dibalai RW 08. Rabu (04/10/2023).

Ketua Posyandu Kelurahan Jamika, Dewi menyebut peran Posyandu sangat penting khususnya dalam pencegahan awal terhadap stunting atau pertumbuhan lambat. Dia juga mengatakan Posyandu merupakan wadah masyarakat sehingga kehadirannya sangat penting di kampung.

"Posyandu ini fungsinya bukan saja buat kesehatan tetapi semua kegiatan masyarakat bisa dilaksanakan di situ," katanya.

Lurah Jamika, Budiana mengatakan bahwa Posyandu bisa menjadi tempat kumpul warga untuk memusyawarahkan suatu masalah yang terjadi di kampung.

"Contohnya rapat mengenai pembuatan sanitasi atau rumah sehat, Posyandu bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul masyarakat," tambahnya.

Budiana menjelaskan Salah satu cara mencegah stunting adalah pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil. Upaya ini sangat diperlukan, mengingat stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa.

"Kami rutin laksanakan Monitoring Posyandu dan pemberian Vitamin A ini dengan tujuan bisa mencegah stunting sedini mungkin," katanya.

Terakhir dia menambahkan sesekali orang tua laki-laki juga wajib datang ke Posyandu sehingga dapat mendengar masalah yang terjadi pada anaknya.

"Jangan ibu saja yang bawa anak, tetapi peran aktif bapak juga harus ada sehingga sejak dini masalah kesehatan khususnya stunting bisa tertangani dengan baik," ujarnya.

 

-Paujan Pahjasi Nurjen

No comments

Post a Comment