Bukit Leweung Tiis, Dulu Terlantar Sekarang Disulap Menjadi Objek Wisata


VOKALOKA.COM, Sumedang- Dusun Pangkalan merupakan sebuah daerah yang berada di Kecamatan Cimalaka Kab Sumedang Jawa Barat, belakangan ini mejadi destinasi wisata warga Sumedang yang ramai dikunjungi.
Dusun ini mempunyai sebuah bukit yang sering dipanggil dengan "Leweung Tiis" artinya hutan yang adem, sebelum menjadi sebuah objek wisata orang-orang disekitarnya jarang sekali pergi ke bukit tersebut, karena disana masih banyak hewan liar yang berkeliaran disekitarnya sehingga warga merasa takut untuk pergi kesana.
Namun pada bulan juli 2022 kepala Desa Trunamanggala membuat proyek objek wisata yang dikelola oleh BUMD dan dibantu oleh masyarakat sekitarnya, kemudian berjalan dengan lancar proyek tersebut, sehingga pada tanggal 17 agustus 2022 objek wisata ini secara resmi dibuka oleh kepala Desa Trunamanggala dan diberi nama "Agro Wisata Leweung Tiis". Dengan adanya objek wisata ini sangatlah membantu bagi para UMKM disana yang ikut berdagang di atas sana.
Leweung Tiis ini merupakan salah satu objek wisata di daerah Trunamanggala ini disajikan dengan view yang sangat indah dengan pemandangan sawah, perkebunan dan pertanian kemudian di depannya ada gunung Tampomas dan juga suasana disana sangatlah adem, apalagi pada pagi hari dan sore hari enak dijadikan tempat untuk bersantai. Dengan ketinggian mencapai 691 MDPL.
"Saya hampir setiap 1 minggu sekali menyempatkan untuk pergi ke Leweung Tiis ini karena tempat ini sangat cocok untuk mendinginkan otak supaya fresh Kembali, dan didukung dengan pemandangan yang sangat indah sekali sehingga enak untuk dipakai santai." Ujar Ridwan (21), salah seorang wisatawan (13/11/2023)
Diatas bukit tersebut juga disajikan sebuah saung yang dibuat langsung oleh para warga sekitar sehingga desain saung tersebut sangatlah unik dan beragam ragam bentuk, sehingga wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan tidak akan khawatir akan duduk dimana dan tidak akan juga merasa kepanasan. Untuk yang hobi berkemah disana juga disediakan tempat untuk memasang tenda sehingga wisatawan juga bisa menikmati keindahan pemadangan pada malam hari atau sering di sebut Citylight.
Untuk harga tiket masuk kesana sangatlah murah sekali yaitu dari "Rp 2.000", sampai "Rp 5.000", sehingga wisatawan bisa menimkati keindahan alam dengan biaya yang sangat murah. Untuk keamanan bisa dipastikan sangat aman karena yang menjaga kendaraan sangatlah ketat sekali.
Jarak Leweng Tiis tidak begitu jauh dari pusat gerbang tol Sumedang. Jarak tempuh dari gerbang tol Sumedang hanya sekitar 8 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit. Sementara jarak dari gerbang tol Cimalaka kurang lebih sekitar 6 kilometer (km) dengan waktu sekitar 10 menit. Jangan khawatir tidak tahu jalan karena ada petunjuk dan juga ada alat teknologi yang canggih seperti google maps sebagai petunjuk arah.

Reporter : Muhamad Fikri Aufa KPI 5C

No comments

Post a Comment