Arsip Rapi: Agus, Pegawai Non-ASN, Sosok dibalik Keteraturan Data Kecamatan Cibiru


VOKALOKA.COM, Bandung – Agus (57) Sejak tahun 2016 menjadi operator di kecamatan Cibiru. Beliau hanya lulusan SMA bermodalkan pengalaman kerja di Perusahaan asing bagian pendataan barang.

Ketika usia 20 tahunan agus bergabung dengan Perusahaan asing dalam bidang pendataan barang. Beliau mengikuti training sampai ke berbagai negara. Kurang lebih ada 9 negara yang sudah agus kunjungi untuk mengikuti training. Dari pengalaman tersebut agus memahami rumus-rumus excel.

" Memungkinkan untuk menghimpun data, saya menggunakan microsoft excel karena data yang disimpan tidak begitu banyak seperti data Perusahaan yang harus di rekap setiap hari ", Ujarnya.

Awalnya hanya iseng merapihkan arsip dokumen selama 1 bulan. 1 tahun kemudian tepatnya November 2023 ada lomba penataan arsip Se- Kota Bandung. Agus membantu merapihkan arsip data menggunakan Microsoft excel.

" Saya sekolah hanya lulusan S3 yaitu SD,SMP dan SMA. Tetapi pengalaman lah yang membuat saya bisa seperti sekarang ", Ujarnya.
Data Excel yang beliau buat pun sederhana supaya bisa mempermudah pencarian data arsip di kecamatan Cibiru. Tidak perlu membongkar seluruh dokumen arsip. Cukup tuliskan saja mau mencari data apa di lembar excel pendataan daftar arsip maka kita akan menemukan dokumen di ruang record centre.

" Dulu ruangan kecil ini (Ruang Arsip) adalah ruangan saya yang berubah menjadi ruang record centre. Semua penyimpanan arsip ini sudah standar nasional ", Ujarnya.

Ide yang beliau berikan ini adalah ide kecil untuk merapihkan data arsip supaya lebih dinamis, terpelihara dan mudah untuk di cari. Walaupun Agus hanya lulusan SMA tetapi semangat nya untuk memajukan Kecamatan Cibiru patut kita contoh.

Agus berpesan kepada seluruh generasi muda supaya ilmu yang sudah kita dapatkan di dunia Pendidikan harus disertai dengan praktek. Karena ilmu sudah dirancang sedemikian rupa oleh para Ahli. Jika ilmu dengan praktek nya berbeda maka kita tidak boleh menyalahkan ilmu itu sendiri.

"Kebijakkan seseorang dapat dilihat sebanyak apa dia telah mempraktekkan ilmu, karena ilmu harus kita praktekkan supaya kita menjadi orang yang bijak dan orang yang tahu", Ujarnya.

Experience is the best teacher, itulah kira-kira yang bisa menggambarkan pengalaman-pengalaman hidup Agus bisa mencapai dunia pekerjaan nya saat ini di kecamatan Cibiru. Berkat ide cemerlang yang Agus berikan Kecamatan Cibiru dapat Juara 1 lomba penataan Arsip Se- Kota Bandung.

Penulis : Puteri Noerwulan Ramadhani/KPI 5C

 

No comments

Post a Comment