Posyandu RW08 melaksanakan kegiatan cek kesehatan rutin satu bula sekali

Pada hari selasa, 26/09/2023, posyandu RW08 desa cipadung kembali menggelar kegiatan rutin pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 50 bayi/balita.
Kegiatan tersebut, para kader dari posyandu melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan seperti pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, serta pemeriksaan lainnya. Hasil pemeriksaan akan dicatat dan disampaikan kepada masing-masing peserta untuk mendapatkan saran terkait kesehatan mereka.
Peran kader kesehatan di posyandu RW08 juga tidak boleh dilewatkan. Mereka adalah tulang punggung dari program ini, dengan dedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat. Kader-kader ini bukan hanya sebagai penyedia layanan kesehatan, tetapi juga sebagai perpanjangan tangan dari tenaga kesehatan profesional.
Posyandu juga menjadi sarana penting dalam pencegahan dan deteksi dini berbagai penyakit. Dengan patisipasi aktif dari warga dan kader kesehatan yang berdedikasi, program ini telah menjadi salah satu tonggak utama dalam upaya pencegahan dan peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat sekitar.
Salah satu pencapaian luar biasa dari posyandu ini adalah peningkatan cakupan imunisasi anak. Dengan strategi penyuluhan yang efektif dan pendekatan yang bersahaja, hampir seluruh anak di RW08 ini telah mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal yang direkomendasikan.
Ibu Iim kepala posyandu mengatakan, "perkembangan balita dilakukan tiap bulan diposyandu, Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggara posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula, juga untuk mencegah bayi mengalami stunting".
Posyandu RW08 tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan dasar seperti monitoring pertumbuhan anak dan imunisasi, tetapi juga menyelenggaran penyuluhan tentang pola makan sehat, Pentingnya gizi, dan perawatan bayi. Hal ini memberikan edukasi yang sangat berharga kepada warga sekitar, membantu masyarakat memahami pentingnya menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
"Adanya posyandu ini sangat penting bagi warga sekitar terutama ibu balita seperti saya, karena kita bisa mengetahui pertumbuhan anak-anak meningkat atau menurunnya kesehatan pada anak-anak tersebut seperti lingkar kepala, tinggi badan dan berat badannya". Ujar ibu sintia salah satu ibu balita di sekitar.
Posyandu RW08 telah membuktikan bahwa dengan upaya bersama, masyarakat dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mereka sendiri. Program ini tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga membangun kesadaran dan pengetahuan kesehatan yang akan membawa dampak positif jangka panjang bagi masyarakat.
Dampak positif dari posyandu ini juga terlihat dari penurunan angka kematian bayi dan ibu hamil. Dengan adanya sistem pemantauan dan penanganan dini terhadap masalah kesehatan, posyandu RW08 telah berhasil memperkecil risiko kesehatan bagi ibu dan anak.

Shindia Himatunisa
Mahasiswi KPI

No comments

Post a Comment