Pertemuan Rutin PKK Desa Sukapura Bahas Evaluasi Kinerja

VOKALOKA.COM, Bandung – Pertemuan rutin PKK Desa Sukapura dalam rangka evaluasi kinerja dan kilas balik program PKK dilakukan perbulan untuk menjalin kekeluargaan antar warga Desa Sukapura. Rabu (18/10/2023). 

 Pertemuan rutin PKK Desa Sukapura diselenggarakan di Aula Kantor Kepala Desa Kecamatan Dayeuhkolot. Pertemuan ini dilakukan satu bulan sekali untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi yang selaras antar anggota PKK. PKK juga mengadakan arisan untuk memperkuat ikatan kekeluargaan. 

 Kegiatan ini merupakan rapat bulanan yang dilakukan oleh PKK. Tujuan dari pertemuan rutin tersebut untuk sarana evaluasi kinerja yang telah dijalankan dan menyusun program maupun memantapkan atau mengembangkan program. 

 Rapat PKK menjadi hal yang harus dilakukan secara rutin karena didalamnya dapat membahas kekurangan dari program yang telah dijalankan dan keberhasilan program yang telah dilakukan. Di dalam pertemuan PKK Desa Sukapura membahas kesulitan dan keberhasilan program dimana hal tersebut dijadikan evaluasi kinerja antar anggota. 

 Diadakannya pertemuan atau rapat PKK ini yakni menekankan perkembangan Desa, peran berkontribusi terhadap masyarakat, dan menyusun program serta sarana berkonsultasi untuk perencanaan program kedepannya. Evaluasi kinerja juga dibahas agar kedepannya lebih terarah dan terkordinasi dengan baik. 

 Ibu Heni selaku ketua PKK mengakatakan "Pertemuan rutin PKK ini jadi momentum yang penting karena strategis dalam rangka penyusunan program yang akan dijalankan. Rapat bulanan ini juga dilakukan agar Desa Sukapura semakin maju, berinovatif, dan meningkatkan kinerja untuk program kedepannya," ujarnya.

 Dalam pertemuan rutin PKK kali ini menekankan harapan dapat membantu berbagai persoalan atau masalah yang konkret pada lapisan masyarakat. Dan rapat PKK tersebut secara bersama sama mencari solusi penyelesaian masalah yang ada. Dengan semangat anggota PKK Desa Sukapura menjadikan Desa Sukapura yang aktif dan berpotensi.

 Ada istilah di PKK Desa Sukapura yakni BEDAS yang artinya Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis, dan Sejahtera. Dapat dilihat dari istilah tersebut Desa Sukapura memiliki tekad untuk bangkit dimana jika ada suatu masalah langsung bangkit. Kemudian memiliki jiwa edukatif artinya selalu memberikan edukasi. Selanjutnya dinamis artinya tidak ketinggalan zaman. Ada agamis yang berarti memberdayakan masyarakat dengan tetap dijalan yang benar. Dan sejahtera diartikan sebagai ujung tombak atau tujuan dari seluruh program.

 "Segala bentuk evaluasi yang ada, PKK Desa Sukapura menjadikan evaluasi tersebut sebagai pembelajaran untuk kinerja kedepannya dan inovasi yang kreatif juga dipertanggung jawabkan demi kemajuan Desa Sukapura serta penyusunan strategi yang akan dilakukan untuk kinerja kedepannya," ujar Bu Heni.

Reporter : Raudya Tuzzahra
Mahasiswi KPI UIN Bandung 


No comments

Post a Comment