Kunjungan SD As-Syifa 2 Bandung ke Dispusipda Jawa Barat

Dalam menyambut Hari Kunjung Perpustakaan Nasional, pada tanggal 14 September 2023. Para siswa kelas 5 SD As-Syifa Kota Bandung didampingi guru wali kelasnya beserta Kepala Sekolah Bidang Akademik melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. 

Kepala Sekolah SD As-Syifa Kota Bandung, Rina Rohmayani menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini tidak lain ialah untuk mengenalkan buku dan literasi secara lebih dekat kepada siswa kelas 5 SD As-Syifa melalui Perpustakaan Umum Daerah Jawa Barat. 

Hal ini disambut baik oleh Dra. Hj. I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka, M.Si selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jawa Barat. Yang mana dalam sambutanya beliau menyampaikan pesan bahwa literasi sudah semestinya menjadi basic bagi setiap individu. Dan sekolah memiliki peran yang besar dalam proses pengenalan budaya literasi untuk menciptakan generasi yang literat. 

Kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan SD As-Syifa ini dimulai pukul 08:00 WIB pagi hari, dengan agenda pertama yaitu pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan Provinsi Jawa Barat. 

Selanjutnya kegiatan pembukaan dan sambutan dari pihak sekolah beserta pihak Dispusipda dilakukan di Ruang Graha Pustaloka Lt.IV. Pihak Dispusipda menyambut kunjungan SD As-Syifa ini dengan sangat ramah dan hangat. 

Kegiatan selanjutnya diisi dengan berbagai penampilan-penampilan kreasi seni dari siswa kelas 5 SD As-Syifa di panggung yang telah disediakan pihak Dispusipda. Para siswa mulai memperlihatkan kemampuan-kemampuan terbaiknya dihadapan Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. 

Setelah kegiatan penampilan selesai, pihak Perpustakaan Daerah mengajak para siswa SD As-Syifa untuk berkunjung ke ruang membaca keluarga yang berada di Lt.I Perpustakaan. Terlihat para siswa sangat antusias membaca buku-buku yang mereka pilih sendiri untuk dibaca. 

Selanjutnya para siswa diajak untuk mengunjungi Museum dan Hall Of Fame panggung Inohong yang terletak di Lt.1 Perpustakaan Umum Daerah sebagai upaya pengenalan dan pembelajaran terkait literasi budaya. 

Para siswa SD As-Syifa sangat menikmati kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dengan riang gembira. Beberapa siswa yang diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan kunjungan ini sangat bermanfaat terutama untuk mengenalkan bahwa di Jawa Barat sudah tersedia sarana dan prasarana untuk membaca buku. 

Pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat sangat berharap kegiatan kunjung perpustakaan ini dijadikan sebagai program sekolah yang continue agar diikuti oleh sekolah lain sebagai bagian dari upaya pengenalan literasi dan upaya menyambut Indonesia Emas dan Layak Anak. 

Sopia Nindia Anggraeni (1214020167)

Komunikasi dan Penyiaran Islam 5D



No comments

Post a Comment