Kolaborasi Dispusipda bersama DPM Desa Provinsi Jawa Barat Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peran TBM


Desi Susanti, S. STP., M. Si. Sebagai Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PKK) mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat membuka kegiatan "Kolaborasi Dispusipda Jabar dengan DPM Desa Provinsi Jawa Barat dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui TBM" yang diselenggarakan di Graha Pustaloka Dispusipda Jabar, Senin (09/10/2023).

Dihadiri oleh Lisa Avianty, M.K.M selaku Kepala Bidang KPPM DPM Desa Jawa Barat dalam pidatonya menyampaikan maksud dan tujuanya kegiatan kunjung dan pengembangan perpustakaan di Desa melalui TBM yang dikelola oleh masyarakat di bawah binaan Pemerintahan Desa. 

TBM atau Taman Baca Masyarakat itu sendiri merupakan lembaga pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan, berupa: buku, majalah, tabloid, koran, komik, dan bahan multi media lainnya, yang dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, diskusi, bedah buku, menulis, dan kegiatan literasi lainnya, dan didukung oleh pengelola yang berperan sebagai motivator.

Menurutnya, Taman bacaan masyarakat merupakan jantung masyarakat pendidikan, dengan bahan bacaan yang disediakan diharapkan mampu memotivasi dan menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca bagi aksarawan baru, warga belajar, dan masyarakat. Dengan tumbuhkembangnya minat dan kegemaran membaca, maka membaca merupakan suatu kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari sesuai memenuhi kebutuhan hidup.

Adapun rangkaian kegiatan kali ini diisi dengan beberapa pemaparan terkait Perpustakaan Desa yang disampaikan oleh Koordinator Pustakawan Dra. Ida Hendrawati, yang selanjutnya acara ini dirangkaikan dengan Serah Terima Pinjam Pakai Buku (Layanan Bullk Loan) yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat secara simbolis diberikan langsung kepada para perwakilan TBM serta penandatanganan berita acara Dispusipda Jabar dengan penerima titik layanan TBM dan disaksikan langsung oleh pemerintahan desa. 

Desi Susanti, S. STP., M. Si. Sebagai Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PKK) mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat menyampaikan harapan semoga dengan adanya kolaborasi ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat Desa, sehingga hal ini dapat mendukung dalam upaya peningkatkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPLM). 


Reporter :Sopia Nindia Anggraeni




No comments

Post a Comment