Kanit Binmas Polsek Ujung Berung: Kerjakan Tugas Sesuai Fungsi Masing-Masing

VOKALOKA.COM, Bandung -Polsek Ujung Berung. Kegiatan rutin Polsek Ujung Berung Ipda Asep Kartiwa selaku Kanit Bhabinkamtibmas Polsek Ujung Berung, Polrestabes Bandung jelaskan mengenai kegiatan rutin yang dilaksanakan di Polsek Ujung Berung. Kegiatan rutin yang di laksanakan personil kepolisian sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Untuk kegiatan wajib rutinan yaitu melaksanakan apel pagi  guna untuk persiapan hari ini dan evaluasi di hari sebelumnya. Ipda Asep Kartiwa juga menjelaskan "kegiatan apel ini sangat penting juga untuk mengantisipasi kejadian yang terjadi di Masyarakat yang tanpa pemberitahuan atau tiba-tiba, sehingga tidak terjadi kesalahan yang tidak di inginkan".
Di Polsek Ujung Berung terdapat 51 orang anggota polisi yang bertugas. Kegiatan di Polsek Ujung Berung berjalan semalama 1x24 jam, "Pun juga seluruh kantor polisi itu operasionalnya 24 jam, kecuali untuk staf itu sampai jam 15.00" tambah Aiptu Ahmad Soleh selaku Kasi Humas Polsek Ujung Berung.
Setiap hari jum'at Polsek Ujung Berung rutin adakan kegiatan "giat jum'at curhat". Kegiatan ini merupakan kegiatan yang langsung turun ke Masyarakat baik itu Ibu-ibu PKK, tukang ojek, sekolahan dan lain-lain guna untuk mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat. Kegiatan ini berjalan dari jam 09.00 – 11.00 pagi. Giat jum'at curhat ini di laksanakan oleh bagian Babin Kamtibmas, satuan Binmas, humas dan Kapolsek.
Kegiatan pengawalan dari bank ke ATM juga merupakan tugas dari anggota kepolisian Polsek Ujung Berung. Kegiatan ini berfungsi untuk pengamanan dan penjagaan jika terjadi hal yang tidak di inginkan seperti perampokan, kecelakaan dan lain-lain.
Bagian Humas Polsek Ujung Berung juga aktif di berbagai media sosial, mulai dari Instagram, facebook, youtube, twitter bahkan tiktok sekalipun, Humas Polsek Ujung Berung juga aktif didalamnya. Humas Polsek Ujung Berung juga mengikuti perkembangan zaman yang ada sekarang, "Hiduplah pada zamannya" Ungkap Ipda Asep Kartiwa.
Sebagai anggota kepolisian yang berfungsi sebagai pelayan Masyarakat Polsek Ujung Berung juga berkunjung ke sekolah-sekolah guna untuk mensosialisasikan hal-hal yang berkaitan tentang keamanan dan motivasi-motivasi untuk siswa. Polsek Ujung Berung juga menerima kedatangan institusi Pendidikan yang berkunjung.
Selain giat-giat yang dilaksanakan oleh para anggota kepolisian, juga ada kegiatan yang dilaksanakan oleh bhayangkari atau sebutan untuk istri polisi. Kegiatan ranting bhayangkari ini dipimpin oleh ibu Kapolsek. Tak hanya anggota kepolisian saja yang aktif bertugas namun istri dari polisi juga ikut bertugas untuk negara. Inilah yang dinamakan dengan abdi negara.
Kegiatan ranting bhayangkari di antaranya ada bantuan sosial, ulang tahun Bhayangkara, ulang tahun RI dan lainnya. Selain itu kegiatan rutinan bhayangkari adalah arisan rutinan yang langsung dipimpin oleh oleh Ibu Kapolsek Bhayangkari Ujung Berung.

Penulis : Ummul Febria Putri Hanifah
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

No comments

Post a Comment