Beri Solusi bagi Kesejahteraan Umat, BAZNAS Jabar Resmikan Balai Ternak

VOKALOKA.COM, Ciamis - Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat bersama Wakil Bupati Ciamis melakukan peresmian Balai Ternak BAZNAS Jabar pada Kamis (5/10/2023). Kegiatan ini berlangsung tepat di Balai Ternak BAZNAS Jabar yang berlokasi di Kelurahan Linggasari, Ciamis.

Program balai ternak BAZNAS Jabar ini sebelumnya juga telah didirikan di Bandung dan Bogor. Dengan berdirinya balai ternak di Ciamis ini menambah total penerima manfaat menjadi 50 orang dan 340 domba.

Bantuan ini diberikan BAZNAS Jabar kepada 15 penerima manfaat di Ciamis berupa domba dan juga fasilitas balai ternak. Fasilitas yang didapatkan seperti tempat tinggal domba, tenaga medis, tenaga ahli, hingga ke pemasaran domba. 

Pada tahap awal ini telah disediakan 70 domba di balai ternak. Kemudian, 30 domba akan menyusul dikirim pada tahap 2.

Wakil Bupati Ciamis mengapresiasi keberadaan BAZNAS sebagai solusi untuk kesejahteraan umat. Pemerintah Daerah siap memberikan dukungan kepada program-program BAZNAS melalui regulasi di pemerintahan. 

"Kehadiran BAZNAS sebagai solusi mensejahterakan umat, kami dari pemerintahan daerah berkomitmen untuk terus mendukung BAZNAS melalui regulasi di pemerintahan," tuturnya.

Yana juga mengungkapkan bahwa zakat berfungsi sebagai pembersih harta yang diberikan oleh Allah kepada kita, "Pada hakikatnya, zakat adalah pembersihan harta yang diberikan oleh Allah kepada kita untuk digunakan sebesar-besarnya guna kepentingan bersama," ungkapnya.

Salah satu perwakilan dari Pimpinan BAZNAS RI yang diwakili oleh Rizaludin Kurniawan mengungkapkan program-program di BAZNAS ini menganut prinsip 3A, yakni aman secara syar'i, aman regulasi, dan aman NKRI.

Kemudian, Rizaludin Kurniawan juga mendorong masyarakat untuk membayarkan zakat, infak, sedekah ke lembaga. Hal ini dilakukan agar dana kecil dapat dikelola dan dikumpulkan menjadi sesuatu yang besar manfaatnya.

"Apabila muzaki memberikan langsung ke mustahik mungkin hanya seberapa. Tapi kelebihan membayarkan zakat dan infak ke BAZNAS, dana kecil dikumpulkan menjadi sesuatu yang besar sehingga ada program pendampingannya, ada pendayagunaannya, serta dapat diukur manfaatnya. Dengan demikian, akan terasa peran dana umat dalam menopang NKRI untuk kemajuan bangsa Indonesia," ungkapnya.

Anang Jauharuddin selaku Ketua BAZNAS Jabar mengatakan bahwa program ini juga terdapat sumbangan dana ZIS yang dikumpulkan oleh umat dan diberdayakan untuk umat itu sendiri. Anang juga menekankan pentingnya peran BAZNAS dalam mendukung program pemerintah yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat.

Reporter : Selpi Maryanti 

No comments

Post a Comment