Tol Cisumdawu Siap Beroperasi Juni 2023, Cileunyi - Majalengka hanya di Tempuh 45 Menit

VOKALOKA.COM - Operasional tol Cisumdawu kini sudah dipastikan resmi beroperasi penuh mulai dari seksi 1 hingga seksi 6 pada Juni 2023 yang menghubungkan wilayah Cileunyi dan Dawuan dengan jarak tempuh yang lebih singkat. Sabtu (24/06/2023)

Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka menyatakan tol resmi difungsikan pada pertengahan Juli 2023. Untuk saat ini pihaknya tengah menunggu pengecekan mutu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya perkirakan akhir bulan ini memang sudah selesai, tapi kalau peresmian untuk operasional mungkin pertengahan Juli, karena tergantung Pak Menteri (PUPR) kapan mau ninjau penyelesaiannya," ujar Jusuf Hamka 

Disamping itu, Jusuf Hamka juga berencana akan membuat jalan layang (fly over) sepanjang 4 km yang membentang dari Tol Cisumdawu menuju bandara Kertajati yang hanya memakan jarak tempuh 15 km bila melewati tol Cipali. 

Sejak awal Juni 2023 Tol Cisumdawu sendiri sudah terhubung dari Cileunyi sampai kertajati dengan total panjang ruas tol mencapai 62 km setelah terhubung sepenuhnya. Diperkirakan waktu tempuh dari Cileunyi menuju Majalengka hanya membutuhkan Kurang dari 1 jam dengan kecepatan 80 km perjam. 

Diketahui berdirinya tol Cisumdawu menghabiskan biaya konstruksi senilai Rp.5,5 triliun yang dibangun dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) serta terdiri dari 6 seksi. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan membangun pusat pertumbuhan ekonomi baru berupa aerocity sejalan dengan adanya perkembangan Bandara Kertajati yang nantinya akan semakin pesat seiring di fungsikannya tol Cisumdawu sehingga beliau mengimbau serta meminta untuk merekrut pekerja dengan mendahulukan warga Majalengka itu sendiri. 

"Bandara Kertajati akan sangat sibuk setelah akhir bulan atau awal bulan depan tol Cisumdawu beroperasi, maka kami sekarang sudah mempersiapkan pertumbuhan ekonomi baru di Majalengka ini, yaitu aerocity dan ini sudah saya perintahkan Tolong mayoritas pekerja disana warga Majalengka didahulukan dan wilayah Ciayumajakuning." ujar beliau

"Dari Bandung sampai Majalengka ternyata hanya satu setengah jam yang biasanya tiga jam lebih meskipun mencoba tol Cisumdawu hanya sampai Cimalaka a pagi kalo janjinya akhir bulan ini bisa beroperasi penuh maka Bandung Majalengka mungkin maksimal kurang dari satu jam saja " tambahnya. 


Nisa Fadhilah/Vokaloka

No comments

Post a Comment