Tak Sempat Haji, Maksimalkan Kurban pun Jadi


VOKALOKA.COM - Mengunjungi tanah suci untuk menunaikan kewajiban ibadah merupakan dambaan bagi setiap umat muslim demi terwujudnya keinginan untuk dapat menyempurnakan rukun Islam, hingga mengupayakan sejumlah usaha mulai dari menabung rupiah demi rupiah, menunggu antrian pemberangkatan hingga belasan tahun lamanya, semua itu dilakukan atas dasar ketaqwaan semata. 

Tak bisa terbayangkan betapa bahagianya tatkala satu persatu para jamaah haji terpanggil untuk segera menuntaskan niatnya ke tanah suci. Namun, tak semua umat muslim di beri peluang yang sama disebabkan masalah perekonomian ataupun usia yang tak lagi memungkinkan menghambat tekad mereka untuk dapat menempuh ibadah haji. 

Meskipun belum mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji, namun Islam selalu memberi solusi terbaik guna menyempurnakan salah satu ibadah yang belum sempat kita tunaikan yakni dengan memaksimalkan berkurban pada hari raya Idul Adha. 

Secara etimologi, qurban berasal dari bahasa Arab qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat. Sementara itu, dalam istilah agama juga disebut "udhhiyah" yang berasal dari kata "dhaha", yaitu sembelihan di waktu dhuha yang dilaksanakan setiap tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 bulan Dzulhijjah. 

Hukum melaksanakan ibadah qurban sunnah muakkad, yakni sunnah yang sangat di anjurkan. Bahkan Nabi SAW tidak pernah meninggalkan ibadah qurban hingga akhir hayatnya. Sementara itu, Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa hukum menunaikan ibadah qurban adalah wajib bagi mereka yang mampu dan tidak sedang berpergian (safar). 

Dengan memaksimalkan ibadah qurban, banyak hikmah yang akan diperoleh. Tak hanya sebatas melaksanakan syariat Islam, namun juga sebagai bukti cinta seorang muslim terhadap Sang Pencipta disertai wujud dari upaya menyambungkan tali silaturahmi diantara saudara muslim lainnnya. 

Ketika Allah SWT sudah menitipkan harta berlebih, jangan sungkan untuk memaksimalkan ibadah qurban. Bisa jadi dengan melaksanakannya akan menambah rezeki jika di tunaikan atas dasar penuh keikhlasan yang menjadi landasan utama berkurban. 



Nisa Fadhilah/Vokaloka



No comments

Post a Comment