Situ Bagendit Sebagai Ikon Kota Garut


VOKALOKA.COM - Situ bagendit merupakan salah satu ikon yang paling sering dikunjungi oleh banyak orang – orang baik dalam daerah maupun luar daerah. Saat saya masih di Taman Kanak – Kanak, saya sering mengunjungi desa wisata ini karena saat dahulu Situ Bagendit sering menyelenggarakan perlombaan mewarnai tingkat kabupaten Garut yang selalu diadakan selama 1 tahun sekali. Saat dahulu, Situ Bagendit juga sering mengadakan pameran khas kerajinan Garut dan banyak yang berjualan suling dengan pedagang yang meniupnya dengan sangat merdu.

Legenda dari Situ Bagengdit adalah berawal dari sosok Nyai Endit sendiri yang merupakan salah satu warga yang memiliki kekayaan, namun kikir. Pada jaman itu, penduduk desa sekitar kebanyakan bekerja sebagai petani. Tanah desa yang subur dan tidak kekurangan air sangatlah membantu petani untuk menghasilkan banyak padi dengan kualitas yang baik. Meskipun begitu para penduduk di sana masihlah hidup dalam kemiskinan. Ini disebabkan oleh kehadiran tengkulak pelit yang kaya raya, ya itu tadi, Nyai Endit.

Situ Bagendit ini berlokasi di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Garut, Jawa Barat. Desa wisata ini memiliki potensi yang bisa terus dikembangkan dan terus di manfaatkan yang berada dari sector sosial dan ekonomi dari para warga sekitar oleh karena itu Desa Wisata Situ Bagendit menjadi sector andalan bagi Kabupaten Garut yang terutamanya pada sector perekonomian. Pada saat hari raya atau saat libur nasional, Situ Bagendit akan mengalami kemacetan yang sangat padat dikarenakan para wisatawan banyak berdatangan dari berbagai daerah untuk menikmati pemandangan danau Situ Bagendit.

Situ Bagendit juga terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman yang ramah di kantong. Ada  mie instan dan aneka makanan lainnya. Sedangkan untuk minuman, terdapat beberapa aneka jus dan minuman hangat maupun dingin. Jadi tidak perlu risau jikalau kelaparan disana. Bahkan kita bisa menikmati pemandangan Gunung Guntur  dari warung – warung yang berada dekat dengan danau.

Tempat Situ Bagendit sering digunakan untuk melihat sunset dengan pemandangannya Gunung Guntur, lalu bermain perahu angsa Bersama kerabat atau pasangan, menaiki rakit Bersama keluarga, dan juga Situ Bagendit bisa dijadikan sebagai tempat sesi foto prewedding. Saat saya masih di Sekolah Dasar, kondisi dari Situ Bagendit tidak seindah dan semenarik seperti sekarang, dahulu hanya suasana biasa. Tetapi saat dahulu, saya sangat antusias pergi ke Situ Bagendit karena mereka menyediakan kereta besar yang bisa menampung sekitar 30 orang untuk melihat pemandangan Situ Bagendit. Lalu fasilitas dahulu sangat belum lengkap dan belum maksimal, seperti toilet yang kurang bersih.

Situ Bagendit memiliki potensi yang semakin  berkembang dan memiliki sebuah daya Tarik tersendiri dan menjadi desa wisata unggulan di Kota Garut, sehingga dapat membantu meningkatkan sector perekonomian Kota Garut.

Akses menuju lokasi Situ Bagendit sendiri sangat mudah dijangkau karena lokasi nya berada di pinggir jalan dan juga berada di jalan utama Kecamatan Banyuresmi yang tepatnya didepan atau diseberang Kantor Kecamatan Banyuresmi.

Perjalanan menuju Situ Bagendit tidak terlalu memakan waktu. Untuk yang mempunyai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil adalah rute yang mudah. Ada beberapa jalan yang bisa dilalui untuk menuju Situ Bagendit, yang pertama jalan yang dari arah Bandung – Jakarta, bisa mengambil arah jalan leles setelah alun – alun dan pasar leles, belok ke arah kiri menuju Leuwigoong. Saat di pertigaan dekat Polres Leuwiggong ambil arah kiri menuju Kota Garut. Setelah 20 menit dari pertigaan akan sampai di lokasi disebelah kanan. Jika dari arah pertigaan Tarogong, cari SMK 2 Garut. Setelah menemukannya SMK 3, jalan terus di jalan utama dan sekitar 20 menit akan sampai di lokasi Situ Bagendit.

 Pasha Salsabila/Vokaloka

No comments

Post a Comment