Sempat Dinyatakan Hilang, Puing Kapal Selam Titanic Ditemukan

VOKALOKA.COM - Penjaga pantai Amerika Serikat menyatakan kapal selam wisata Titanic yang membawa lima orang ditemukan dari ledakan dan menewaskan seluruh penumpang di dalamnya.

Laksamana Muda Penjaga Pantai Amerika Serikat, John Mauger mengatakan ia menemukan lima bagian utama kapal selam wisata Titanic (Titan) yang terletak di kedalaman 1.600 kaki (480 m) dari haluan bangkai kapal titanic pada, Kamis (22/6/23) waktu setempat.

Kapal Selam Titan yang dioperasikan oleh perusahaan OceanGate Expeditions yang berbasis di Amerika Serikat telah hilang sejak kehilangan kontak dengan kapal pendukung permukaannya pada Minggu pagi setelah menyelam selama dua jam ke bangkai kapal karamnya yang paling terkenal itu.

Lima fragmen utama Titan sepanjang 22 kaki (6,7 meter) terletak di puing-puing yang tersisa dari kehancurannya termasuk kerucut ekor kapal dan dua bagian lambung ditemukan.

"Ledakan puing-puing disini konsisten dengan lendakan dahsyat," kata Mauger dikutip dari Reuters.

Begitupun sebelum memberikan pernyataan melalui konferensi pers Penjaga Pantai AS, OceanGate mengatakan tidak ada yang selamat diantara kelima orang di kapal Titan. Termasuk pendiri dan pemimpin eksekutif perusahaan, Stockton Rush yang mengemudikan kapal titan.

Adapun empat penumpang lainnya adalah miliarder dan penjelajah Inggris Hamish Harding (58), pengusaha kelahiran Pakistan Shahzada Dawood (48) dan putranya yang berusia 19 tahun, Suleman, keduanya warga negara Inggris, dan ahli kelautan Prancis dan ahli Titanic terkenal Paul-Henri Nargeolet (77) yang telah mengunjungi bangkai kapal itu puluhan kali.


Novaldy Akbar/Vokaloka

No comments

Post a Comment