Peringati Hari Jadi, Pemkab Majalengka Gelar Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan


Majalengka - Pemerintah kabupaten Majalengka menggelar Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan dalam rangka memperingati hari jadi Majalengka ke-533 yang di hadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat di Jalan KH Abdul Halim, Graha Gedung Majalengka (GGM) pada Kamis (8/6/2023). 

Ribuan masyarakat Majalengka tampak antusias memadati ruas jalan KH Abdul Halim dalam menyambut sejumlah kreativitas dan seni budaya lokal khususnya pada pertunjukan berbagai miniatur pembangunan dari Kabupaten Majalengka yang dipamerkan melintasi para kepala daerah. Acara tersebut turut disaksikan oleh sejumlah para bupati dan walikota dari 9 daerah termasuk anggota DPR RI, Hasanuddin yang juga seorang tokoh dari Majalengka. 

Mengusung tema ''Melalui Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan Kita Wujudkan Pembangunan Yang Sinergis Dan berbudaya Bagi Terwujudnya Rempeg Gawe Lanjutkan Majalengka Raharja", Kirab Budaya ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terlihat dari ikut andil nya beliau dalam melepas peserta defile menambah kemeriahan acara Kirab Budaya tahun ini.  

Defile Kirab Budaya dan Pawai Pembangunan tahun ini turut dimeriahkan oleh penampilan dari 9 kabupaten/kota porsenitas X di Jawa Barat dan Jawa Tengah, meliputi kabupaten Indramayu, Kuningan, Cirebon, Ciamis, kota Cirebon, Pangandaran, Banjar, Cilacap, dan Brebes. Disamping itu, defile juga ditampilkan oleh seluruh OPD, BUMD, kecamatan dan desa se-Kabupaten Majalengka. 

"Tagline kita ini adalah 'Hari Jadi Majalengka ke-533 itu Meriah, Merakyat' artinya saya harus menjawab apa yang diinginkan, apa yang dibutuhkan oleh rakyat," ujar Bupati Majalengka, Karna Sobahi. 

Menurutnya, kemeriahan hari jadi Majalengka harus bisa di rasakan oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali sehingga tagline yang dipilih berdasar pada kekuatan rakyat tanpa memberi batasan kepada siapapun. 

"Kegiatan ini kita bagi dalam 3 wilayah, kemarin di kecamatan Cikijing, meliputi 10 kecamatan yakni, Lemahsugih, Malausma, Bantarujeg, Cigambul, Cikijing, Talaga, Banjaran, Argapura, Maja. Nah, semuanya diperuntukkan untuk rakyat," ujarnya.

Tak kalah meriah dengan Kirab Budaya, di waktu yang sama juga di gelar pameran produk unggulan dari 10 kabupaten/kota yang tergabung dalam 'Kunci Bersama'. 

Melalui kegiatan Kirab Budaya tahun ini, Bupati Majalengka berharap generasi penerus dapat menjaga sekaligus melestarikan kegiatan ini di tiap tahunnya sebagai ajang memperkenalkan beragam adat budaya lokal yang ada Majalengka yang menjadi kekayaan budaya lokal secara turun temurun. 



Nisa Fadhilah/Vokaloka



No comments

Post a Comment