Pengaruh Tren Media Sosial TikTok di Generasi Milenial

Zaman sekarang orang tidak mudah terlepas dari yang namanya media sosial. Media sosial sudah menjadi makanan sehari-hari semua kalangan, Salah satu media sosial yang banyak digandrungi yaitu Tiktok. Aplikasi tiktok memang sedang popular di masyarakat yang berdominan para generasi milenial. Aplikasi ini berhasil menarik perhatian dari masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai kalangan dan usia.

Fitur yang terdapat di dalam TikTok antara lain mencakup sebagai hiburan, digital marketing, informasi, dan lain lain sebagainya. Untuk menarik perhatian dan pengguna media ini, TikTok mengeluarkan berbagai fitur yang cukup menarik. Fitur dari aplikasi ini yang dapat digunakan oleh penggunanya antara lain adalah musik, stiker, efek, pengubah suara, filter, dan yang lain sebagainya. Fitur dan fungsi aplikasi TikTok yang terbilang cukup banyak ini membuat aplikasi ini termasuk dalam lima aplikasi teratas di google play store dan app store.

Aplikasi inipun tak hanya mengandalkan fungsi dan fitur yang mereka punya saja. Aplikasi ini juga mengajarkan dan mengasah kita supaya mempunyai jiwa yang kreatif dan inovatif. Sifat inilah yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia terlebih lagi pada generasi milenial. Generasi milenial saat ini akan menggunakan berbagai cara sekreatif mungkin untuk membuat konten TikTok yang berbeda dari yang lain.

Namun dalam aplikasi tiktok ini sangat mempengaruhi penggunanya baik dampak positif maupun dampak negatif. Tak dipungkiri dampak negatif TikTok juga turut menyertai seiring dengan kebebasan pengguna dan pemakainya, adapun beberapa sisi negatif dari penggunaan TikTok. Seperti, Secara tidak langsung, tiktok menjadi penyebab Generasi Milenial untuk suka bergoyang ria. Membuat video yang tidak sewajarnya, bahkan tidak hanya remaja saja mereka melibatkan anak-anak kecil dalam pembuatan video tiktok demi respon yang banyak dari netizen. Terdapat banyak video yang tidak pantas menjadi contoh yang tidak baik bagi perilaku Generasi Milenial dan anak jaman sekarang. Seseorang menjadi terlalu kreatif demi video yang lucu dan menarik sehingga tidak mampu menilai mana yang pantas dan mana yang tidak.

Selain dampak negatif yang ditimbulkan dari fenomena Tikok, terdapat juga dampak positif dari penggunaan aplikasi TikTok seperti munculnya edukasi-edukasi baru dan luas yang didapatkan. Dengan menggunakan aplikasi TikTok, semua orang dapat mempelajari banyak hal baru dari konten yang diperoleh dari video pendek dan teks yang ditampilkan, sehingga orang yang malas membaca teks panjang akan menganggap TikTok menarik. Tampilan ringkas meningkatkan minat mendengarkan. Konten TikTok yang berhasil viral berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi yang dihasilkan. Dapat menambah teman, meningkatkan hubungan antara semua orang dan komunitas, dan pendapatan yang diperoleh dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari. Masih banyak video-video yang bermanfaat dalam aplikasi TikTok seperti tutorial memasak, cara menyelesaikan soal-soal, cara berjualan, dan masih banyak lagi video yang menginspirasi pengguna TikTok.

Segala perkembangan di era teknologi dan informasi akan memberikan dampak, termasuk penggunaan aplikasi TikTok, dan hal ini tentunya akan memberikan dampak positif dan negatif, pengguna harus menggunakannya dengan pintar dan rasa tanggung jawab agar tidak terjatuh pada hal yang negatif. Selain itu, saat menggunakan aplikasi TikTok, pengguna harus melakukan pengendalian diri agar dapat menggunakannya dengan lebih nyaman dan tidak memberikan efek kecanduan. Kedepannya, pengembang aplikasi TikTok juga dapat mengevaluasi dampak positif dan negatif dari aplikasi mereka, sehingga aplikasi ini bisa sangat berguna untuk semua kelompok umur.



Oleh: Muthi Muthmainah


No comments

Post a Comment