Menyambut Idul Adha 1444 H, Simak Amalan Sunnah yang Bisa Umat Islam Laksanakan


Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang dilaksanakan setiap bulan Zulhijah. Pada hari raya Idul Adha atau hari raya kurban ini, terdapat amalan sunnah yang dapat dilakukan sebagai penyempurna ibadah.

Amalan sunnah di Hari Raya Idul Adha memiliki keutamaan daripada waktu-waktu lain karena Allah Swt. menyukai amalan baik yang dikerjakan pada hari Idul Adha.

Rasulullah saw. dalam sebuah hadis pernah menyampaikan tentang keutamaan Hari Raya Idul Adha, berikut hadisnya:

عَنْ َأبِي هُرَيْرَة: َأنَّ رَسُوْل اللهِ صلى الله عليه وسلم قال : مَنْ كَانَ لهُ سَعَة وَلمْ يَضَحْ فَلا يَقْربَنَّ مُصَلَّانَا (رواه احمد وابن ماجه)

Artinya: "Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami," (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Salah satu amalan yang umum dilakukan saat menyambut Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Ini adalah tindakan yang dilakukan untuk mengikuti jejak Nabi Ibrahim yang siap mengorbankan anakya Ismail sebagai tanda ketaatan kepada Allah.
Sementara bagi beberapa orang, penyembelihan hewan kurban mungkin dianggap sebagai praktik yang kontroversial, bagi sebagian besar umat Muslim, ini merupakan simbol pengorbanan, berbagi, dan pemberian kepada mereka yang membutuhkan.

Setidaknya terdapat 5 amalan sunnah yang bisa dilakukan umat Islam untuk mendapatkan rahmat Idul Adha, yakni:

1. Mengumandangkan Takbir
Umat Islam disunnahkan untuk mengumandangkan takbir di mana pun seperti masjid, musala, hingga di rumah pada malam Hari Raya Idul Adha dari terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk berkhutbah. Kumandang takbir juga dapat dilakukan hingga tanggal 13 Zulhijah pada hari tasyrik.

2. Berjalan kaki menuju salat Idul Adha
Untuk menuju tempat sholat sebaiknya dilakukan dengan cara berjalan kaki dan dianjurkan untuk berangkat lebih awal agar mendapatkan shaf terdepan.

3. Makan setelah salat Idul Adha
Disunnahkan untuk makan setelah melaksanakan salat Idul Adha. Berbeda dengan Idul Fitri, dianjurkan makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat.

4. Bersedekah
Memberikan sumbangan atau sedekah kepada yang membutuhkan, seperti anak yatim, fakir miskin, atau dhuafa. Ini mencerminkan semangat kepedulian dan empati yang dianjurkan dalam Islam.

5. Mengenakan pakaian bersih dan terbaik
Mengenakan pakaian terbaik, bersih, dan suci untuk berangkat menunaikan ibadah salat Idul Adha.

Dalam menyambut Idul Adha, penting juga untuk dingat bahwa semangat perayaan ini adalah tentang menjalin hubungan yang lebih baik dengan Allah dan sesama manusia. Oleh karena itu, sikap yang penuh dengan rasa syukur, kerendahan hati, pengampunan, dan penghormatan terhadap nilai-nilai agama dan etika sangatlah penting.

Demikianlah amalan sunnah Idul Adha yang bisa kita terapkan dalam menyambut Hari Idul Adha 1444 H. Amalan ini mencerminkan nilai-nilai keagamaan, kepedulian, dan semangat kebersamaan umat Muslim.


Oleh: Nusyaibah Iskandar

No comments

Post a Comment