Menteri Pemuda dan Olahraga Sambut Baik Tawaran Indonesia Jadi Tuan Rumah SOWG 2027

VOKALOKA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, dengan senang hati menyambut tawaran Special Olympics International (SOI) yang memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Special Olympics World Games (SOWG) 2027. 

Tawaran tersebut disampaikan oleh Chief Operating Officer SOI, Lou Lauria, dalam pertemuan dengan Menpora di Berlin. Menpora Dito merespons positif tawaran tersebut dan akan melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo setelah penyelenggaraan SOWG 2023 di Berlin. SOI berharap untuk melanjutkan pembicaraan lebih lanjut segera. 

Tawaran ini didasarkan pada pengamatan SOI tentang perkembangan inklusivitas di Indonesia serta keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan berbagai acara olahraga multievent seperti SEA Games dan ASEAN Para Games.

SOI secara resmi mengundang Indonesia untuk menjadi tuan rumah SOWG 2027, menganggap Indonesia sebagai negara yang berkembang dan ikonik. 

Menpora menyatakan bahwa setelah Eropa, Indonesia dianggap pantas mewakili Asia Pasifik, dan Indonesia juga telah memiliki fasilitas penyelenggaraan yang memenuhi standar Olimpiade. Pembicaraan antara pihak SOI dan Indonesia berjalan dengan lancar, dan SOI memaparkan bukti keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan acara olahraga multievent internasional.

Indonesia sebelumnya telah berpartisipasi dalam sembilan penyelenggaraan Special Olympics World Games, dan sebelumnya telah menyatakan keinginannya untuk menjadi tuan rumah.


M. Fikri Muzhaffar/Vokaloka

No comments

Post a Comment