Yang Harus Kita Konsumsi Ketika Makan Sahur


1. Makanan dan minuman berkarbohidrat kompleks
Manfaat karbohidrat kompleks serat, mineral, dan vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Karbohidrat kompleks bahkan bisa menjadi sumber energi. Kamu bisa menyiapkan menu sahur berkarbohidrat kompleks dengan menyantap nasi merah, apel, gandum, dll.

2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah
Kamu bisa membuat sup sayur agar sedikit bervariatif. Sup sayur itu nantinya kalian olah dari bahan-bahan seperti wortel, kentang, bunga kol, dll. Sementara konsumsi buah, kamu bisa menyiapkan buah semangka, pisang, apel, dll. Buah-buah tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan sesuai untuk tubuh yang akan menjalankan puasa.

3. Memakan lemak sehat
Lemak bermanfaat dalam menunjang tubuh yang sehat dan bergizi. Namun yang dimaksud adalah  lemak sehat. Kamu bisa membuat menu sahur yang bergizi dan sehat dengan menggunakan bahan dasar lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dll.

4. Air putih
Tubuh itu seperti sebuah tanaman, memerlukan air untuk hidup. Oleh karena itu menu sahur yang sehat dan bergizi tidak boleh meninggalkan peran air putih. Wajib setidaknya mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

5. Makanan protein tinggi
Tubuh memerlukan asupan protein baik yang bersumber dari protein hewani maupun protein yang bersumber dari nabati. Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang terbentuk dari beberapa unsur yaitu karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Protein sangatlah penting untuk perbaikan dan pembentukan berbagai jaringan tubuh, dan juga sebagai sumber energi. Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaga daya tahan tubuh terhindar dari berbagai segala macam penyakit.


Raghib Kamil/Vokaloka

No comments

Post a Comment