Terkait Penolakan Atlet Israel, Menpora Dito Akan Bertemu Dengan Koster Paling Cepat Pekan Ini

Vokaloka.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyaksikan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak atlet Israel dari ANOC World Beach Games 2023 di Bali.

Dia mengaku akan berusaha menemui Gubernur Bali I Wayan Koster pekan ini.

"Saya juga baru lihat di media komunikasi soal World Beach Games masih gencar. Yang pasti saya akan bicara resmi dengan Menlu [Retno Marsudi] soal itu," kata Dito.

Meski solusinya adalah komunikasi yang lebih intensif.

Kami ada agenda minggu ini [pertemuan dengan Koster]. Minggu ini akan kami sampaikan,” lanjut Menpora di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (4/6).

I Wayan Koster resmi menolak kehadiran atlet Israel di World Beach Games 2023 di Bali yang dijadwalkan 5-12. Agustus.

Koster mengklaim penolakan atlet Israel itu berdasarkan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Hubungan Luar Negeri.

Menpora juga tidak mau menganggap sikap I Wayan Koster terhadap kehadiran Israel adalah perintah PDIP sebagai pihak Koster. “Saya tidak mau berasumsi, itu hanya asumsi yang ada dan tidak resmi

Jadi saya mengambil sudut pandang pemerintah tentang aturan dan kesepakatan yang ada. Apa yang sudah dilakukan berarti kita harus menanggapi sesuai dengan aturan, saya tidak ingin membuat asumsi," katanya. kata Dito.

Sebelumnya, Koster menyebut diskualifikasi atlet Israel dari ANOC World Beach Games 2023 didasarkan pada alasan yang sama dengan diskualifikasi timnas Israel dari Piala Dunia U-20 2023.

“Setelah konstitusi. Dasar kedua adalah Keputusan Menteri Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019. Karena diatur dengan Keputusan Menteri Luar Negeri, lagu kebangsaan [Israel] tidak dapat dinyanyikan sama sekali. Makanya saya tetap menentang kehadiran Israel di Bali, termasuk ANOC World Beach Games yang akan datang,” kata Koster, Rabu (4/5) di Pura Besakih Karangasem, Bali. 


M Fikri Muzhaffar/Vokaloka

No comments

Post a Comment