Mengenal Museum Prabu Geusan Ulun



Vokaloka.com - Museum Prabu Geusan Ulun, merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang berlokasi di Kabupaten Sumedang. Museum Prabu Geusan Ulun ini mengenalkan berbagai kisah dari Sumedang tempo dulu.

Museum Prabu Geusan Ulun atau yang dulunya bernama Keraton Sumedang Larang adalah sebuah museum yang dibangun di bekas kediaman Prabu Geusan Ulun yang berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.

Museum Geusan Ulun ini berlokasi di pusat kota Sumedang, tepatnya di Jl. Prabu Geusan Ulun, Regol Wetan, Kecamatan Sumedang Selatan, Sumedang atau sebelah selatan dari alun-alun Sumedang.

Untuk akses masuk ke Museum Geusan Ulun inj dikenakan tarif sebesar Rp 5000. Didalam Museum ini terdapat beberapa koleksi menarik peninggalan Kerajaan Sumedang Larang.

Alasan kenapa Museum ini dinamakan Museum Geusan Ulun karena, pada Jaman dulu didepan museum ini sebelah utaranya ada sebuah rumah dari Bupati Sumedang, yakni Pangeran Sugih yang dibangun pada tahun 1870.

Didalam museum itu terdapat beberapa gedung diantaranya yaitu Gedung, Gmelan, Gedung Kereta, Gedung Gandeng, Gedung Pusaka, dan Gedung Srimanganti.


Rafi Hidayat/Vokaloka

No comments

Post a Comment