Arsenal Menang, Perburuan Gelar akan Makin Ketat

Arsenal berhasil melanjutkan tren positif mereka dengan mengalahkan tamunya Leeds United dengan skor telak 4-1 dalam lanjutan pekan ke 29 liga primer Inggris di Emirates Stadium, Sabtu (01/04/23) malam WIB. Kemenangan ini tentu membuat Arsenal masih kokoh bertengger di peringkat pertama Epl 2022/23 dengan selisih 8 poin atas Manchester City di peringkat kedua. 

Kemenangan telak ini adalah sebuah respons dari The Gunners atas kemenangan yang diraih Manchester City atas Liverpool dengan skor identik 4-1. Arsenal tentu tidak ingin City terus memangkas jarak dengan mereka, karena itu kemenangan ini sangat penting untuk anak asuh Mikel Arteta.

Arteta mengaku bahwa dia dan anak asuhnya menonton pertandingan City melawan Liverpool sebelum bertanding melawan Leeds. Ia mengatakan bahwa hasil pertandingan City nantinya akan berpengaruh besar pada mereka.

"Kami memantau (hasil Man City) karena ini adalah pertandingan besar dan kami ingin menonton sebagian darinya. Tapi ketika kami sampai di sini (Emirates Stadium), itu hanya untuk fokus pada kami dan apa yang bisa kami lakukan sebagai tim," ujar Arteta dikutip dari BBC Internasional, Sabtu (1/4/2023).

Arteta menjelaskan pada awal laga sebenarnya Leeds sempat menyulitkan mereka dengan strategi man-marking kepada para penyerang Arsenal. Namun pelatih asal Spanyol ini membuat perubahan signifikan di babak kedua.

"Kami berkembang signifikan di babak kedua, kami mengeksploitasi ruang kosong di lapangan, dan kami sedikit mengubah posisi sejumlah pemain di lapangan," kata Arteta.

Selain itu, Arteta memuji penampilan Leandro Trossard yang dinilai memberikan dampak positif sejak kedatangannya. Sejauh ini, pemain timnas Belgia itu sudah berhasil mencetak 1 gol dan 7 assist bagi Arsenal dari 11 laga yang ia jalani.

"Dia (Trossard) benar-benar berkontribusi pada tim. Dia mengambil tanggung jawab untuk mewujudkannya dan kami mencintainya," ucap Arteta dilansir dari Daily Mail.

Arsenal harus terus fokus demi mewujudkan gelar Epl yang sudah lama mereka nantikan selama 19 tahun lamanya. Selanjutnya, tim Meriam London akan melawat ke Anfield Stadium untuk melawan Liverpool. Meski dalam performa yang turun drastis, The Reds tentu bukan lawan yang mudah bagi Martin Odegaard dkk. 

M Farhan yazid/Vokaloka

No comments

Post a Comment