7 Cara Merawat Rambut Bagi Pria

Vokaloka.com - Bukan cuman wanita, pria pun perlu merawat rambutnya. Rambut bagaikan mahkota yang harus jigana. Bingung? Begini cara merawat rambut pria.

Kebanyakan pria merasa tak perlu repot-repot merawat rambut layaknya wanita. Pasalnya, mereka merasa jumlah rambutnya tak seberapa banyak jika dibandingkan wanita.

Padahal, merawat rambut tak berarti hanya menjaga helai demi helai rambut, melainkan juga kulit kepala. Untuk itu, pria juga rasanya perlu mulai merawat rambut dan kulit kepala.

Berikut adalah cara merawat rambut pria:

1. Investasi pada produk yang tepat

Tak ada salahnya berinvestasi pada produk perawatan rambut yang tepat sesuai jenis kulit kepala. Produk perawatan rambut yang dimaksud mulai dari sampo, kondisioner, hair mask, dan tonik rambut.

Cek lagi tipe kulit kepala Anda. Jika kulit kepala kering, maka fokuslah pada produk yang melembapkan kulit kepala. Tapi, jika kulit kepala berminyak, maka pilih produk yang mampu mengurangi produksi sebum.

2. Jaga kulit kepala tetap bersih

Kunci kulit kepala sehat terletak pada kulit kepala yang bersih. Matthew Lopresti, ahli bedah di Leonard Hair Transplant Associates, menuturkan bahwa kulit kepala kotor memicu gangguan keseimbangan mikrobioma.

3. Tidak keramas setiap hari

Keramas setiap hari dianggap sebagai cara mudah menjaga rambut tetap bersih. Namun, sebenarnya cara ini malah membuat kondisi rambut makin buruk. Sebaiknya, pria keramas cukup 2-3 kali seminggu.

4. Hindari sampo 2 in 1

Produk perawatan rambut kekinian mengedepankan kepraktisan. Hal ini memang sesuai dengan karakter pria. Hanya saja, kepraktisan sampo 2 in 1 alias sampo dan kondisioner dalam satu botol bisa berakhir tak baik buat rambut.

Sampo dan kondisioner tak bisa dijadikan satu botol sebab punya dua fungsi yang saling berlawanan. Sampo berguna untuk membersihkan, sedangkan kondisioner untuk melembapkan.

5. Pijat kulit kepala saat keramas

Saat keramas, coba berikan pijatan di kulit kepala. Hindari kebiasaan menggosok dengan keras atau menggaruk kulit kepala. Pijatan lembut akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di akar rambut.

6. Keringkan dengan lembut

Mengeringkan rambut tak perlu menggosoknya keras dengan menggunakan handuk. Gosokan ini akan membuat rambut cepat patah sebab rambut dalam kondisi rentan saat basah.

Cukup berikan tekanan lembut untuk menghindari rambut makin kusut, tipis, dan patah.

7. Cukur rambut secara teratur

Mencukur rambut secara teratur dapat menjaga bentuk rambut tetap rapi. Tak perlu cukur rambut bagi Anda yang memiliki rambut panjang. Cukup lakukan trimming atau memotong ujung rambut. Sebaiknya lakukan cukur rambut atau trimming setidaknya sekali selama 4-6 minggu.



M Fikri Salam/Vokaloka

No comments

Post a Comment