Ubi Cilembu, Ubi Unik Pilihan Oleh-Oleh Khas Sumedang Selain Tahu

m.olx.co.id/Mauri Art


    Buah tangan merupakan hal yang dicari-cari bagi wisatawan atau pemudik saat lebaran tiba. baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, buah tangan dapat juga disebut oleh-oleh, kenang-kenagan atau bawaan. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk hal buah tangan tersebut, ada yang berupa souvenir kerajinan dari daerah setempat maupun kuliner yang dapat disajikan dalam bentuk buah tangan. Ubi Cilembu merupakan salah satu oleh-oleh makanan selain tahu yang wajib kamu bawa saat mengunjungi kota sumedang.

    Siapa yang tidak mengenal ubi cilembu? ubi yang memiliki rasa manis legit oleh-oleh khas sumedang ini terkenal karena keunikan rasanya. Tak hanya rasa, saat di oven bau khas ubi cilembu akan memenuhi langit-langit ruangan.

    Awalnya, ubi cilembu dinikmati setelah diolah dengan cara dikukus atau dibakar dengan menggunakan tungku. Pada tahun 1980-an, ada cara mengolah ubi cilembu yang baru, saat ada seorang mahasiswa dari Universitas Padjajaran yang mencoba mengolah ubi cilembu dengan cara dipanggang dalam oven.

    Pada 2018, ada sebuah penelitian yang menjawab pertanyaan mengapa ubi cilembu rasanya manis. Menurut penelitian Agustina Monalisa Tangapo mahasiswi dari Institut Teknologi Bandung, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi rasa manis ubi cilembu. Berdasar pengamatan dan fenomena yang ada, ubi cilembu rasa manisnya berbeda jika ditanam di luar Desa Cilembu, karena kontruk tanah dan bakteri yang ada di dalam tanahnya.

    Aspek yang diteliti adalah bakteri pada lokasi penanaman ubi cilembu. Berdasar penelitian, rupanya ada perbedaan dalam jumlah dan keanekaragaman bakteri pada ubi cilembu yang ditanam di luar Desa Cilembu.

    Awalnya, ubi madu yang ditanam di Cilembu itu berasal dari bibit nirkum. Saat ini bibit nirkum sudah jarang ditanam dan diganti dengan bibit ubi lain. Bibit nirkum itu diganti karena hasil panennya tidak sebaik dulu karena kondisi tanah berubah. Ubi cilembu ini sudah memliki hak kekayaan inetelekual dan selalu dijaga sebagai ciri khas Sumedang.

    Karena keunikannya ini, Ubi Cilembu ini bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh makanan khas sumedang selain tahu sumedang.

Aulikha Fiony/vokaloka

No comments

Post a Comment