Tips Ngabuburit Bermanfaat Selama Bulan Ramadhan

Ngabuburit yaitu sebuah tradisi ketika kita menunggu waktu berbuka puasa. Diketahui, istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda ngalantung ngadagoan burit yang artinya bersantai menunggu waktu sore. Biasanya orang-orang ngabuburit dengan cara berburu atau mencari makanan untuk berbuka nanti, ada juga yang hanya sekedar jalan-jalan untuk menunggu waktu berbuka, dan banyak sekali kegiatan yang lainnya.

Nah, kali ini vokaloka akan membahas bagaimana sih caranya supaya ngabuburit kita bermanfaat dan berkualitas? Yuk, simak tipsnya!

1. Mengikuti kajian keagamaan

Tips yang pertama adalah mengikuti kajian keagamaan. Kegiatan ini sangat cocok untuk kita agar ibadah puasa kita semakin bertambah pahalanya. Tentunya, dengan mengikuti kajian keagamaan secara online maupun secara tatap muka di tempat atau majelis tertentu, merupakan cara ngabuburit yang bermanfaat.

2. Tadarus Al-Qur'an

Sudah tak asing lagi kan, tadarus Al-Qur'an adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan dalam Islam, apalagi selama bulan ramadhan, bulan yang penuh kemuliaan ini. Tentunya,  pahalanya akan berlipat ganda. Maka dari itu, agar ngabuburit kita semakin berkualitas, tips yang kedua ini bisa dijadikan sebagai agenda selama ngabuburit.

3. Olahraga

Nah, tips yang ketiga yaitu berolahraga. Manfaat berolahraga bisa menyehatkan jasmani kita. Biasanya kalau pada bulan-bulan selain ramadhan, olahraga dilakukan pada pagi hari. Sedangkan pada saat bulan ramadhan, kegiatan olahraga ini bisa kita ganti waktunya menjadi sore hari sambil menunggu waktu berbuka.

4. Memasak

Tips terakhir yang bisa dijadikan agenda ngabuburit adalah memasak. Menyiapkan untuk berbuka atau memasak juga bisa dilakukan sebagai kegiatan ngabuburit karena sudah mendekati waktu berbuka. Sehingga waktu berpuasa tidak terasa lama karena kita beraktivitas.

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebagai agenda ngabuburit selama ramadhan, semoga bermanfaat ya.


Nurul Badriah/vokaloka

No comments

Post a Comment