Pengalaman Menakjubkan Mengikuti Kegiatan PKPAI di Jakarta

Siang hari di pertengahan bulan Januari, saat itu saya dihubungi oleh pihak manager program radio MQFM Subang. Saya mendapat tawaran untuk mengikuti kegiatan Pembinaan Kompetensi Penyiar Agama Islam (PKPAI) di Jakarta. Sebagai seorang yang baru merintis di dunia penyiaran yaitu sebagai penyiar radio, tentu saya sangat senang mendapatkan tawaran itu. Akhirnya saya menerima tawaran tersebut dan mendaftarkan diri menjadi peserta kegiatan PKPAI. 

Pembinaan Kompetensi Penyiar Agama Islam (PKPAI) merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh Bimas Islam bersama Kemenag RI. Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah mewujudkan para penyiar Agama Islam yang moderat. Dengan harapan setelah diselenggarakannya kegiatan PKPAI, para penyiar agama Islam bisa menjadi pilar dalam memberikan pemahaman yang moderat kepada masyarakat. 

Setelah saya resmi terdaftar menjadi peserta PKPAI, akhir bulan Januari saya melakukan persiapan untuk mengikuti kegiatan tersebut meliputi persiapan fisik, ilmu, dan materi. Kegiatan PKPAI diselenggarakan pada hari Rabu, 01 Februari 2023 sampai dengan hari Jumat, 03 Februari 2023. Diselenggarakan di Pullman Hotel Jakarta Central Park, Petamburan, Jakarta Barat. 

Pada hari Rabu, 01 Februari 2023 dini hari saya bergegas menuju lokasi acara ditemani oleh keluarga dengan kendaraan pribadi. Setelah sampai lokasi, saya langsung check-in dan memasuki ruangan acara untuk mengikuti pembukaan kegiatan PKPAI. Di ruangan tersebut saya bertemu dengan para penyiar radio dan TV lainnya dari berbagai daerah yaitu Jawa Barat, Banten, DI Yogyakarta dan Kalimantan Barat.

Selama kegiatan berlangsung, saya dan para penyiar lainnya mendapatkan pembinaan dari para narasumber yang berkompeten di bidangnya meliputi Nuning Rodiyah dari KPI Pusat, Ngatawi Al-Zastrow dari Lesbumi PBNU, Untoro Wisnu Gardewo dan Ilham Ramdana dari CommuniActions, dan yang terakhir Widayat S. Noeswa dari Perhimpunan Jurnalis Indonesia. Adapun materi yang didapatkan selama mengikuti kegiatan PKPAI yaitu Public Speaking, Regulasi Penyiaran Program Siaran Agama, Moderasi Beragama, Content Creator, Know More Social Media. 

Pengalaman istimewa bisa bertemu dengan para penyiar di berbagai daerah dan para narasumber yang luar biasa. Pengalaman ini membuat saya termotivasi untuk menjadi seorang penyiar yang moderat karena kita adalah agen moderasi beragama. Dengan berusaha menjadi seorang penyiar yang moderat merupakan salah satu cara kita merawat keberagaman Indonesia. 

Ayu Sri Wahyuni/Vokaloka

No comments

Post a Comment